1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS BERKENDARA

Tips Mengemudi bagi Wanita dari Pembalap Rifat Sungkar

"Biasanya perempuan lebih ribet daripada laki-laki saat nyetir," kata Rifat Sungkar.

By Rohimat Nurbaya 1 April 2016 16:45
Ilustrasi wanita berkendara (Pixabay)

Money.id - Kini tidak hanya pria yang menyetir kendaraan, tetapi wanita pun banyak memilih mengendarai kendaraan sendiri dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Pembalap nasional, Rifat Sungkar mengatakan, tren tersebut perlu diikuti dengan pemahaman baik tentang berkendara yang aman bagi wanita, karena karakter mengemudi wanita jauh berbeda dengan pria.

"Biasanya perempuan lebih ribet daripada laki-laki saat nyetir. Dengan segala sifat mereka, hobi mereka, dan gaya mereka, tentunya membuat karakter nya saat mengemudi pun berbeda," ujar Rifat dikutip dari laman Toyota Astra.

Rifat menjelaskan, ada lima barang yang wajib dibawa seorang wanita ketika berkendara. Barang-barang tersebut digunakan sebagai antisipasi akan terjadinya hal tidak diinginkan di jalan raya.

Pertama adalah sepatu teplek atau sepatu dengan alas yang datar. Sepatu dianggap penting dalam berkendara aman dan nyaman. Namun, wanita biasanya malah memilih menggunakan sepatu high heels atau sepatu dengan alas yang tinggi. Padahal itu bisa berbahaya.

Tetapi ada juga wanita yang memilih tidak menggunakan alas kaki saat berkendara atau lebih sering disebut nyeker. "Padahal, akan lebih baik jika menggunakan sepatu dengan alas rata sebagai pelindung kaki ketika menginjak rem," tutur Rifat.

Kedua, saat berkendara, wanita disarankan membawa USB atau CD yang berisi lagu favorit. Hal ini untuk mempermudah pemutaran musik tanpa harus mengoperasikan ponsel.

Karena menurut Rifat, mengoperasikan ponsel untuk memutar musik di dalam kendaraan bisa menganggu konsentrasi ketika sedang mengemudi.

Ketiga, wanita harus menyediakan dua botol berisi air masing-masing berukuran 1,5 liter untuk berjaga-jaga jika mobil sampai kepanasan atau overheating.

Keempat, saat berkendara, wanita harus menyediakan buku catatan yang berisi nomor-nomor telepon pribadi dan juga pihak-pihak yang paling bisa membantu ketika sedang menghadapi keadaan darurat.

"Wanita cenderung lebih panik daripada laki-laki ketika sedang dalam keadaan darurat," ucap dia. Buku catatan bisa Anda taruh di dalam laci mobil atau tempat lain yang mudah dijangkau.

Kelima, wanita harus menyiapkan satu tas berisi baju-baju yang sesuai dengan tema kegiatan yang dilakukan hari itu. Bisa untuk meeting, jalan-jalan hingga menghadiri undangan resmi.

"Hal ini karena perempuan cenderung yang paling repot ketika ada agenda mendadak," tutur Rifat.

Kata dia, apabila tidak ada persiapan yang matang tentu Anda harus terburu-buru pulang untuk berganti pakaian dan dalam kondisi inilah perempuan cenderung ceroboh saat mengemudi.

"Untuk menghindari hal tersebut, akan lebih baik jika pakaian atau peralatan make-up cadangan disiapkan di dalam mobil jadi Anda bisa siap sedia kapan saja jika ada agenda mendadak," imbuhnya.

(rn/rn)

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section