1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Tips Jitu Bila Mobil Tiba-tiba Mogok di Rel Pelintasan Kereta Api

Khusus untuk mobil bertransmisi manual, ada alternatif lain agar mobil yang mogok di pelintasan kereta tetap dapat bergerak.

By Rohimat Nurbaya 16 Mei 2016 10:07
Ilustrasi mobil melintas di rel kereta api (Toyota Astra)

Money.id - Mobil yang mendadak mogok saat melewati jalur kereta api memang merupakan salah satu mimpi buruk bagi para pengendara. Beberapa waktu lalu, insiden tersebut sempat dialami oleh sebuah metromini yang dihantam kereta api di Tubagus Angke, Jakarta Utara. Kejadian itu sangat menyita perhatian publik.

Dari hasil olah tempat kejadian perkara, penyebabnya adalah metromini tersebut menerobos palang pelintasan dan mobil tiba-tiba mogok. Maka dari itu, jangan main–main dengan aturan dan tata tertib di sekitar rel kereta api karena maut menjadi taruhannya.

Dikutip dari laman Toyota Astra, apabila mobil mogok saat tengah melewati jalur kereta api, ada beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu sebaiknya jangan panik dan tetap mengutamakan keselamatan.

Jika belum ada kereta api yang mendekat dan masih ada waktu, cobalah men-starter ulang sampai mesin mobil kembali menyala.

Jika cara ini tidak berhasil dan mesin mobil tetap tidak bisa dihidupkan, minta semua penumpang untuk keluar dari mobil. Selanjutnya, minta bantuan untuk mendorong mobil hingga ke posisi aman di luar jalur kereta.

Khusus untuk mobil bertransmisi manual, ada alternatif lain agar mobil yang mogok di pelintasan kereta tetap dapat bergerak. Caranya, pindahkan perseneling ke gigi satu, lalu starter tanpa menginjak pedal kopling.

Dengan cara itu, mobil akan dapat bergerak akibat putaran dinamo starter. Cara tersebut sebaiknya hanya dilakukan pada kondisi darurat saja. (poy)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section