1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS MOBIL

Ternyata, Mobil Jarang Dipakai Harus Ganti Oli Juga

Meski tidak dipakai, oli mesin bisa tetap terkontaminasi dengan unsur lain seperti air.

By Rohimat Nurbaya 1 April 2016 18:05
Ilustrasi pengisian oli mesin (Toyota Astra)

Money.id - Pemilik kendaraan tentunya selalu menjaga performa kendaraan supaya tetap maksimal, salah satunya dengan mengganti oli secara rutin. Tetapi kebanyakan pemilik mobil hanya menjaga performa kendaraan sering digunakan saja, sedangkan yang jarang dipakai diabaikan.

Dikutip dari laman Toyota Astra, banyak alasan pemilik kendaraan tidak melakukan servis rutin pada mobil jarang dipakai, misalnya karena lupa. Ada juga pemilik kendaraan merasa tidak begitu perlu memperhatikan kondisinya karena tidak digunakan.

Kemudian ada juga yang beralasan karena jarak tempuh belum mencapai petunjuk buku perawatan.Padahal hal yang seperti itu tidak baik. Padahal, sama halnya dengan mobil sering dipakai, mobil yang jarang digunakan juga membutuhkan servis.

Hal itu dilakukan supaya mesin mobil tetap bekerja baik saat sesekali dipakai. Salah satu perawatan harus dilakukan apabila ingin mobil jarang digunakan tetap dalam kondisi baik adalah ganti oli. Pasalnya, meski tidak dipakai, oli mesin bisa tetap terkontaminasi dengan unsur lain seperti air.

Oli mobil yang terkontaminasi dapat mengurangi kualitas pelumas. Oleh karena itu ada baiknya pemilik kendaraan tetap memeriksa jadwal servis berkala pada mobil yang jarang digunakan, atau setidaknya melakukan ganti oli secara rutin.

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section