1. HOME
  2. OTOSHOW
OTOMOTIF

Sepeda Listrik Ini Tak Kalah Sangar dari Sepeda Motor

Karena ini sepeda, Anda tak perlu memiliki SIM atau membayar pajak.

By Adhi 13 Maret 2016 12:28
boltmotorbikes.com

Money.id - Saat melihat pertama kali, Anda mungkin menyangka ini adalah sepeda motor. Salah. ini adalah sepeda listrik berjuluk Bolt yang dibuat oleh perusahaan asal Amerika Serikat, Bolt Motorbikes.

Seperti sepeda umumnya, Bolt memiliki pedal dan dapat dikayuh dengan kecepatan yang dapat dibatasi hingga 32 kilometer per jam.

Jadi Bolt masih aman digunakan karena ini sepeda listrik, bukan motor. Artinya, Anda tidak perlu punya SIM, bayar pajak atau bahkan beli bensin agar Bolt bisa melaju di jalan raya.

Menurut informasi yang dikutip dari laman CNN, Minggu 13 Maret 2016, Bolt saat ini dijual secara online dengan banderol US$5,500 (sekitar Rp77 juta). Harga tersebut belum termasuk biaya pengiriman dan pengepakkan jika Anda memesannya dari Indonesia.

Menariknya lagi, karena Bolt adalah sebuah sepeda listrik, Anda bisa menaikinya di jalur khusus sepeda dan parkir di mana-mana.

(autoblog.com)

"Saya memarkir sepeda ini di mana saja," kata Josh Rasmussen, CEO Bolt Motorbikes. Rasmussen menambahkan Bolt bisa dikunci menggunakan gembok U-lock seperti sepeda biasanya.

Salah satu kecanggihan Bolt adalah fasilitas GPS yang tertanam di dalamnya. Jadi, jika sepeda berpindah tempat, pemilik bisa mengetahuinya melalui smartphone.

Tidak ada lubang kunci pada Bolt. Anda 'menyalakan' Bolt menggunakan sebuah aplikasi di smartphone atau kode rahasia di dashboardnya. "Kuncinya begitu modern," kata Rasmussen.

Dan ketika dibawa ke luar kota, Bolt dapat beralih dari mode ekonomi ke mode olahraga sehingga kecepatan sepeda ini bisa meningkat sampai 64 km/jam.

Baterai Bolt bisa menempuh jarak 48,2 km saat diajak menjelajah kawasan berbukit San Francisco. Tetapi Bolt Motorbikes memperkirakan sepeda listrik buatannya mungkin bisa menempuh jarak lebih jauh jika dipakai di tempat-tempat yang banyak jalan datarnya.

Satu tantangan yang dihadapi Bolt adalah masih sedikitnya tempat untuk mengisi ulang baterai. Meskipun menggunakan konektor standar, namun masih sedikit tempat parkir sepeda yang menyediakan colokkan untuk mengisi baterai sepeda listrik.

Namun Bolt Motorbikes menyediakan adaptor terpisah yang dibanderol US$5,500 (sekitar Rp3,2 juta) sehingga pemilik Bolt dapat mencabut baterai dan mengisinya.

Meski tersedia secara online, peminat nampaknya harus bersabar karena permintaan yang tinggi dari Bolt membuat sepeda listrik unik ini telah habis terjual untuk tahun ini.

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From OtoShow Section