1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Saingi Airbus A321neo, Boeing 737 Dimodifikasi

Penjualan menurun, Boeing 737 siap dimodifikasi untuk menyaingi penjualan Airbus.

By Azalia Amadea 5 Juni 2016 11:50
Pesawat Boeing 737 (businessinsider.co.id)

Money.id - Selama lima dekade terakhir, Boeing 737 telah menjadi pesawat terlaris sepanjang masa. Lebih dari 13.300 unit telah dipesan selama sejarah model pesawat tersebut.

Dilansir dalam laman businessinsider.co.id Minggu 5 Juni 2016, Reuters melaporkan bahwa pesawat Boeing 737 mungkin sudah siap melakukan perubahan. Hal ini dilakukan untuk mengisi kekosongan dalam jajaran produk yang ditinggalkan oleh model 757 yang sudah lama tidak diproduksi lagi.

Rencananya versi baru dari 737 ini akan diberi nama MAX10 atau Mad MAX. Seorang juru bicara Boeing menolak mengomentari keberadaan jenis pesawat yang akan dimodifikasi tersebut. Rencana mendaur ulang 737 menjadi MAX10 ini didasarkan pada keputusan yang diambil perusahaan pada tahun 2004 lalu.

Pada tahun 2004, Boeing menghentikan produksi 757, pesawat jarak menengah dan bermesin ganda, setelah lebih dari 20 tahun. Satu dekade kemudian, 757 yang semakin menua menjadi aset yang sangat berharga bagi operator penerbangan.

Sayangnya, dunia penerbangan belum mampu menemukan jenis pesawat baru yang mampu memberikan kinerja dan profitabilitas seperti 757. Produksi Airbus dan Boeing saat ini, A321neoLR dan 737MAX9 - keduanya secara luas dilihat sebagai pengganti parsial dari 757. Namun keduanya adalah model yang diadaptasi dari pesawat yang lebih kecil.

CEO Maskapai La Compagnie yang mengoperasikan Boeing 757 mengatakan pabrik pesawat asal Amerika Serikat itu telah membuat 'kesalahan besar' ketika tidak memproduksi lagi model 757.

Masalah Boeing diperparah oleh kenyataan bahwa Airbus A321neo telah melampaui penjualan 737MAX9. Meskipun Boeing tidak terbuka tentang penjualan varian MAX, data dari Flightglobal menunjukkan bahwa perusahaan hanya menjual 224 unit MAX9.

Sementara, menurut laporan Airbus, perusahaan mendapat 1.117 pesanan untuk jenis Boeing A321neo. Akibatnya, Boeing harus menutup gap penjualan dan performa antara MAX9 dan Airbus-dengan cara merombak 737 secara signifikan, termasuk memasukkan mesin dengan tenaga yang lebih besar.

Menurut Reuters, Boeing sedang mempertimbangkan rencana memperluas badan pesawat MAX9 sehingga kapasitas tempat duduk maksimumnya dapat menyaingi A321neo yang berjumlah 240 kursi.

Untuk mengimbangi badan pesawat yang lebih besar, Boeing dilaporkan akan mengganti mesin pesawat CFM LEAP 1B dengan yang lebih besar LEAP 1A, yang diklaim lebih powerful dari mesin A321neo milik Airbus.

Ahli industri penerbangan percaya modifikasi yang dilakukan Boeing ini kemungkinan akan menyedot anggaran sampai US$2 miliar. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section