1. HOME
  2. OTOSHOW
HONDA

Pesawat Jet Pertama Milik Honda Dipatok Rp65,9 Miliar

HondaJet yang dirancang oleh Honda Aircraft Company telah mendapatkan sertifikasi Eropa. Pesawat itu siap mengudara di langit Eropa.

By Rohimat Nurbaya 26 Mei 2016 15:15
Pesawat Jet Honda (autoevolution.com)

Money.id - Perusahaan otomotif ternama asal Jepang, Honda siap memasarkan pesawat jet pertama mereka. Awalnya perusahaan tersebut hanya dikenal sebagai pembuat sepeda motor dan mobil.

Dikutip dari autoevolution.com, HondaJet yang dirancang oleh Honda Aircraft Company, telah mendapatkan sertifikasi Eropa. Hal tersebut berarti bahwa pesawat Honda mematuhi peraturan keselamatan Eropa dan dapat beroperasi di Uni Eropa.

HondaJet sudah memiliki sertifikasi setara di Amerika Serikat dan Meksiko. Negara-negara lain dipatikan akan mengikuti. Pesawat itu dipatok US$4,85 juta atau setara Rp65,9 miliar

HondaJet yang disertifikasi untuk operasi pilot tunggal, dan dapat menampung hingga enam penumpang. Pesawat komersial pertama Honda mengklaim menjadi yang tercepat, tertinggi-terbang, yang paling hemat bahan bakar, serta paling tenang di kelasnya.

Pesawat Jet Honda (autoevolution.com)

HondaJet juga mengklaim memiliki kapasitas bagasi terbesar di kelasnya. Dari sudut pandangan pilot, HondaJet hadir dengan dek penerbangan kaca canggih, termasuk unit Garmin G3000 Honda. Terdapat pula layar sentuh yang khusus dirancang untuk pesawat ringan.

Tentu, HondaJet diperuntukkan bagi pelanggan bisnis, dan sudah telah ditugaskan oleh beberapa operator di Eropa dan Amerika Utara. Pesawat ini dapat mencapai kecepatan jelajah maksimum 422 knot, setara dengan kecepatan dasar 486 mph (782 km/h).

Sementara itu, ketinggian maksimum adalah 43.000 kaki (13,1 kilometer), dan memiliki jangkauan NBAA IFR dari 1.223 mil laut serta mampu mengkonversi ke 1.408 mil (2.265 km).

Beberapa waktu lalu, Honda telah memerkan pesawat tersebut selama tiga hari dari European Business Aviation Convention dan Exhibition di Jenewa, Swiss.

Pesawat Jet Honda (autoevolution.com)

Menurut penciptanya, pesawat itu dirancang lebih dari 20 tahun. Tidak seperti jet lainnya yang menggunakan aluminium. Pesawat keluaran Honda itu dilengkapi bodi yang menggunakan serat karbon komposit pesawat ringan, namun sangat kuat.

Pesawat ini dibekali dual pengendali yang menggunakan layar sentuh 14 inci. Di bagian kokpit dikendalikan dengan dua kendali yakni pilot manual dan autopilot. Honda Aircraft Company rencananya akan memproduksi dan menjual 70 sampai 100 jet per tahun. Bagi yang berminat, ada beberapa pilihan warna eksterior pesawat, yakni hijau, silver, merah, kuning dan biru. (poy)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From OtoShow Section