1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Panik Saat Kunci Kendaraan Hilang? Ini Tipsnya

Ketika kunci hilang kerap membuat kesal, gugup dan panik, terlebih ketika ada urusan penting.

By Rohimat Nurbaya 2 Desember 2015 14:05
Ilustrasi Kunci (Foto: Money.id/Dwi Narwoko)

Money.id - Tidak sedikit orang sering mengalami lupa menyimpan kunci kendaraan. Bahkan kunci tersebut ditingalkan di mobil atau motor. Hal tersebut biasanya membuat kesal, gugup dan panik, terlebih ketika ada urusan penting.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika kunci hilang? Ada beberapa cara memudahkan mengatasi saat-saat anda kehilangan kunci kendaraan. Dikutip dari website resmi Toyota Astra, berikut tipsnya.

1. Gunakan kunci cadangan

Hampir semua kendaraan memiliki kunci cadangan. Apabila kendaraan tidak memiliki kunci kendaraan sebaiknya menanyakan ke dealer.

Tetapi untuk dapat membeli kunci cadangan memerlukan bukti kepemilikan kendaraan untuk menghindari tindak pencurian.

Selain itu, kunci cadangan juga bisa dibeli atau dibuat di toko otomotif dan ahli kunci. Kemudian simpan kunci cadangan tersebut di tempat aman seperti di laci rumah mudah di ingat.

2. Asuransi

Beberapa asuransi biasanya memberikan layanan klaim kehilangan kunci. Dengan ikut asuransi tidak hanya terjamin saat kunci anda hilang, namun dapat meminimalkan pengeluaran karena biaya penggantian kunci cukup mahal.

Hal tersebut karena teknologi kunci saat ini semakin berkembang dan maju. Cara ini dapat membantu ketika kehilangan kunci baik di rumah atau di luar rumah.

3. Garansi

Apabila mengalami masalah kunci tidak berfungsi dengan baik saat akan membuka atau mengunci kendaraan, gunakan garansi kendaraan apabila masih berlaku.

Garansi ini juga akan berlaku untuk kehilangan, namun tidak semua perusahaan memberikan garansi seperti ini.

4. Ahli Kunci

Jika Anda mengalami kehilangan kunci kendaraan di luar rumah atau tempat umum, sebaiknya segera menghubungi dealer atau ahli kunci.

Untuk mengatasi permasalahan ini yang dibutuhkan hanya surat keterangan kepemilikan kendaraan dan biaya tambahan untuk pergantian kunci.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section