1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Musim Hujan, Ini 4 Persiapan Wajib Bagi Para Bikers

Jalan berlubang, gangguan jarak pandang, dan banyak hal lainnya menjadi potensi berbahaya bagi pesepeda motor di musim hujan.

By Adhi 13 November 2015 18:30
Ilustrasi (welovehonda.com)

Money.id - Tidak dapat dipungkiri, musim hujan menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar pengendara sepeda motor di Indonesia. Kondisi jalan yang berlubang, ditambah hujan deras yang mengganggu jarak pandang menjadi salah satu alasan besarnya tingkat kecelakaan di indonesia kala musim penghujan tiba.

Nah, untuk menghindari hal itu, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum mulai berkendara menerjang hujan. Apa saja yang harus Anda persiapkan? Berikut ulasannya:

1. Cek tekanan Angin dan Kondisi Ban 

Mengecek kondisi ban adalah hal pertama yang harus diperhatikan untuk menunjang keselamatan saat berkendara di bawah guyuran hujan. Gunakan tekanan angin yang tidak terlalu kencang atau terlalu kempis agar luas penampang yang menempel pada aspal semakin lebar. Hal ini memperkecil kemungkinan untuk tergelincir di permukaan jalan yang licin.

Selain itu, cek juga kondisi kembang di ban. Jika sudah kelihatan habis, cepat lakukan penggantian ban. Hal ini dikarenakan fungsi dari kembang yang ada di ban adalah untuk menyapu air dari permukaan motor ke arah samping agar karet ban tetap merekat ke jalanan.

2. Siapkan Jas Hujan

Bukan hanya melindungi tubuh dari guyuran hujan, namun jas hujan juga berguna untuk mengurangi sakit yang diterima tubuh oleh rintikan hujan. Dalam memilih jas hujan, Anda pun harus berhati-hati. Sebisa mungkin hindari pemakaian jas hujan yang bertipe ponco atau one piece. Hal ini dikarenakan jas hujan ponco lebih rentan tersangkut di rantai atau motor orang lain.

3. Waspada dengan Genangan Air

Seperti yang kita ketahui, jalanan di Jakarta banyak yang berlubang. Jika terkena air hujan, maka lubang ini akan terisi oleh air. Untuk itu, Anda harus lebih berhati-hati dalam membaca genangan air. Sebisa mungkin hindari genangan air. 

4. Cek Lampu 

Jika Anda pengguna lampu dengan warna kebiruan atau keputih–putihan, disarankan untuk segera mengganti lampu dengan lampu standar pabrikan. Hal ini dikarenakan lampu yang berwarna kebiruan atau keputihan memiliki kemampuan untuk menembus hujan lebih rendah dibandingkan lampu standar pabrikan yang memiliki warna kuning. (dwq)

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section