1. HOME
  2. OTOSHOW
OTOMOTIF

Mobil Tercepat di Dunia Ini Tembus 1.600 Km per Jam

Yang membuat mobil ini istimewa adalah penggunaan mesin Eurojet EJ200 milik jet tempur Eurofighter.

By Adhi 4 November 2015 13:00
Bloodhound SSC (onlymotors.com)

Money.id - Siapa yang tahu mobil tercepat di dunia? Jawabannya adalah Bloodhound SSC. Ya, Bloodhound SSC adalah sebuah mobil supersonic besutan Bloodhound Company yang berbasis di Bristol, Inggris.

Di sektor dapur pacu, mobil ini ditenagai mesin Rolls-Royce Eurojet EJ200, ditambah Nammo HTP hybrid rocket dan mesin Jaguar Land Rover V8. Perpaduan racikan mesin ini diklaim mampu menghasilkan lebih dari 135 ribu tenaga kuda. Dan mobil ini mampu mencapai lebih dari 1000 mil per jam, alias sekitar 1.600 kilometer per jam. Mantap!

Mobil ini juga berhasil membawa Andy Green, seorang pilot angkatan udara Inggris, yang mengemudikannya menjadi orang pertama yang bisa menyetuh kecepatan udara di atas tanah.

Menurut yang dilansir laman Auto Drive, Rabu 4 November 2015, yang membuat mobil rancangan Richard Noble ini istimewa adalah mesin Eurojet EJ200 yang diaplikasikannya. Mesin ini umumnya digunakan di mesin pesawat tempur Eurofighter.

Untuk menjaga keselamatan Andy saat melesat kencang, Bloodhound SSC dibekali kaca depan yang sama kuatnya dengan kaca depan pesawat tempur jenis Eurofighter Typhoon. Dan kaca ini juga mampu menahan gaya gravitasi saat melakukan deselerasi sebesar 1.600 kilometer per jam.

Akurasi instrumen di dalam kokpit pun menjadi perhatian penting. Rolex bertanggung jawab untuk menyuplai seluruh kebutuhan panel instrumen Bloodhound SSC. Speedometer dengan teknologi analog chronograph Rolex sanggup menghitung kecepatan sampai 1.600 kilometer per jam secara akurat.

Mobil ini untuk sementara waktu akan dipersiapkan untuk mengetes kecepatannya di Hakskeen Pan, Afrika Selatan. Semoga saja kerja keras tim mereka akan membawa kabar baik. (dhi)

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

Baca Juga

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From OtoShow Section