1. HOME
  2. OTOSHOW
OTOMOTIF

Mobil Seharga Rp400 Juta Ini Diubah Jadi Joystick Playstation 4

Mobil Nissan Qashqai itu digunakan khusus untuk bermain Pro Evolution Soccer (PES).

By Rohimat Nurbaya 20 November 2015 12:00
Joystick mobil Nissan Qashqai (Foto: Fortune)

Money.id - Nissan, Sony, dan Konami mengubah mobil seharga Rp400 juta jadi joystick atau controller Playstation (PS) 4. Mobil Nissan Qashqai itu digunakan khusus untuk bermain Pro Evolution Soccer (PES).

Dikutip Fortune, Nissan Qashqai dipatok mulai dari harga 18,265 poundsterling atau seharga Rp400 juta. Beberapa bagian mobil diubah fungsinya, layaknya tombol pada joystick video game.

Pedal gas diubah jadi tombol kotak yang berfungsi untuk menendang bola ke gawang. Untuk mengoper bola, pemain hanya perlu menggunakan pedal rem.  

Sementara itu untuk mengatur gerak pesepak bola, maka hanya perlu menggunakan stir kemudi. Tombol telepon pada stir mobil itu berguna untuk membuat pemain berlari sprint.

Nissan Qashqai/ Foto: caradvice.com.au

Kerja sama dinamakan Project Controller itu salah satu strategi branding Nissan. Selain itu pabrikan mobil asal Jepang bersama Sony dan Konami juga sama-sama menjadi sponsor Liga Champion Eropa musim ini.

Manajer Pemasaran dan Komunikasi Nissan Eropa Utara, Pia Porko, mengatakan dalam jangka menengah, produk ini bisa menjadi aksesori bagi penggemar game dan mobil. Kemudian dalam jangka panjang, Porko membayangkan controller ini akan menjadi fitur hiburan tetap di dalam mobil Nissan.

Nissan memang salah satu pabrikan yang intens berinteraksi dengan dunia game. Pada 2008 mereka meluncurkan program GT Academy untuk komunitas para pencinta game.

"Komunitas gamers itu sangat setia dan antusias," ujar Porko.

Pengerjaan Mobil controller itu memakan waktu pengerjaan selama enam bulan. Kemudian akan diperkenalkan pada 25 November di Malmö, Swedia, sebelum laga sepakbola antara Malmo FF dan Paris Saint-Germain. (ita)

 

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From OtoShow Section