1. HOME
  2. OTOTALK
HONDA

Kesuksesan Honda Ternyata Berawal dari Sepeda

Pascaperang Dunia ke-2, Jepang hancur lebur. Alat transportasi yang tersedia hanyalah sepeda.

By Adhi 13 November 2015 08:00
Honda CBR 1.000 cc (aphonda.co.th)

Money.id - Siapa yang tak kenal dengan nama besar Honda. Pabrikan otomotif raksasa asal Negeri Sakura itu menjadi raja di pasaran, khususnya di sektor kuda besi, alias sepeda motor.

Namun, siapa yang tahu jika saat didirikan pertama kali, ternyata Honda adalah perusahaan sepeda. Berdasarkan informasi yang dikutip dari laman World Honda, faktanya Honda pada masa awal berdiri (1948) adalah produsen sepeda bermesin.

Kisahnya dimulai pada September 1946. Soichiro Honda, sang pendiri, mengunjungi rumah seorang teman bernama Kenzaburo Inukai. Di sana, ia menemukan sebuah mesin kecil. "Mari gunakan ini untuk sepeda," ujar Honda pada Inukai. Tanpa disadari, Honda telah meletakkan batu pertama perusahaan.

Pascaperang Dunia ke-2, Jepang hancur lebur. Kekalahan yang mereka alami dari pasukan sekutu meluluhlantakkan infrastruktur mereka. Tidak ada kendaraan kala itu, terkecuali sepeda.

(world.honda.com)

Honda kemudian melakukan riset bersama dengan 13 pekerjanya di sebuah bengkel kecil yang diberi nama Honda Technical Research Institute. Di sini ia berhasil membuat sepeda bermesin menjadi motor dengan mekanisme sederhana.

Sepeda motor yang pertama kali diuji coba oleh istri Honda sendiri, Sachi, akhirnya terjual, dan mulai saat itu mulai dibicarakan dan jadi bahan obrolan dari mulut ke mulut. Terus membesar, dan akhirnya mendunia.

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section