1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Kawasaki H2 Diklaim Motor Tercepat di Dunia 2015

Motor itu mampu mencapai kecepatan 180 mph dalam waktu 15,23 detik.

By Rohimat Nurbaya 27 Oktober 2015 19:00
Kawasaki H2 (Foto: Motorcyclenews)

Money.id - Kawasaki H2 diklaim sebagai motor tercepat 2015. Motor itu dibekali mesin 4 silinder 998 cc, ditambah dengan fitur supercharger. Tenaga dikeluarkan mencapai 200 horse power. Motor tersebut sempat diuji coba di Sirkuit, Losail, Qatar.

Dikutip dari Motorcyclenews.com, begitu menekan tombol starter bergaya pesawat tempur, mesin Kawasaki H2 langsung meraung. Suaranya sangat garang mirip tunggangan para pembalap MotoGP.

Ketika sudah turun di sirkuit, H2 mampu memperlihatkan performa mesin menakjubkan. Saat gas ditarik di gigi pertama, H2 langsung mengantarkan tenaga kuat hingga ban depan sedikit terangkat. Namun semua bisa diredam dengan fitur anti-wheelie.

Keunggulan Kawasaki H2 adalah akselerasi. Saat bermain di trasmisi atas sangat halus namun mampu menghantarkan tendangan kuat dari torsi besar. Akselerasi motor itu mencapai 0-150 mph dalam waktu kurang dari 10 detik, serta mampu mencapai kecepatan 180 mph dalam waktu 15,23 detik. Jarak untuk menempuh kecepatan itu hanya 800 meter saja.

Sebagai perbandingan, Suzuki Hayabusa membutuhkan 22 detik untuk mencapai 180 mph dan lebih dari satu kilometer untuk melakukannya. Kemampuan pengereman H2 juga mengagumkan. Menghentikan laju Kawasaki H2 dari kecepatan 70 mph dibutuhkan jarak 47,12 meter. Sementara Hayabusa butuh 53,82 meter dengan kecepatan sama.

Selain itu, ada tiga mode Kawasaki Traction Control (KTRC) pada H2 yang bisa dipilih. Salah satunya mode hujan yang membuat pengalaman menunggangi H2 di jalan yang licin menjadi lebih aman. Penunggang H2 juga bisa melakukan tiga pengaturan launch-control, yaitu quickshifter, kontrol pengereman mesin elektronik dan ABS.

Meski Kawasaki H2 memiliki berat 238 kg dan tergolong motor besar tapi ternyata tidak jauh dari Kawasaki ZZR1400 atau Suzuki Hayabusa. Saat melaju kencang berat motor mengalami perubahan cepat dan ada sedikit understeer pada saat throttle atau gas tertutup. Kawasaki H2 bukan motor balap. Motor ini dirancang supaya stabil pada kecepatan lebih dari 200 mph

H2 juga merupakan produk pertama Kawasaki yang memiliki swingarm satu sisi. Itu bukan hanya untuk hiasan, tetapi untuk membuat knalpot lebih tinggi dan mendapatkan ground clearance maksimum.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section