1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Ingin keliling Dunia Hemat dengan Sepeda Motor? Ikuti Tips Ini!

Ada tiga hal yang yang harus menjadi pusat perhatian anda, yakni suku cadang, akomodasi, dan yang terakhir...

By Nur Chandra Laksana 7 Februari 2016 11:02
Sam Manicom (motorcyclenews.com)

Money.id - Keliling dunia sama artinya dengan harus menyiapkan uang banyak. Tapi, ada cara agar Anda tetap berkeliling dunia, tanpa harus bangkrut. 

Cobalah menggunakan sepeda motor. Anda juga bisa belajar kepada sang maestro penjelajah dunia, yakni Sam Manicom. Pria asal Afrika ini telah menerbitkan buku yang berisi cara keliling dunia tanpa harus menggunakan modal yang terlalu besar.

Dalam bukunya, Sam menyebutkan bahwa ada tiga hal yang yang harus menjadi pusat perhatian anda, yakni suku cadang, akomodasi, dan yang terakhir, motor itu sendiri. Menurut Sam, hal pertama yang Anda harus lakukan adalah memilih kendaraan paling prima.

Kedua, suku cadang. Jika sepeda motor yang akan Anda gunakan itu produksi tanah air, maka itu akan menjadi barang impor saat masuk ke negara lain.

Oleh karena itu, Anda harus memastikan suku cadang sepeda motor Anda itu dengan menghubungi pemasok suku cadang, sebelum keliling dunia. "Jika ada suku cadang yang perlu dikirimkan ke Anda, pastikan salinan buku manual kendaraan Anda dikirimkan melalui faks ke negara asal Anda," kata Sam.

Ketiga, usahakan mencari penginapan yang murah. Memang tempat menginap harga murah kadang terlihat kumuh. Tapi, selama tempat tidur yang disediakan bersih, Anda masih bisa istirahat dengan nyaman.

Keempat, yang anda harus persiapkan adalah mental. Jangan malu utuk mencari uang di negara yang makmur. Anda bisa bekerja sebagai tukang cuci kendaraan, tukang cuci piring, atau bahkan bisa menjadi tukang potong rumput.

Kelima, jangan takut untuk berkemah di alam terbuka. Jika perlu, lakukanlah hal ini sesering mungkin. Selain hemat, Anda bisa mengagumi keindahan alam terbuka di sana.

Terakhir, makanan ringan. Sepele tapi penting untuk berjaga-jaga jika Anda masuk daerah dengan tempat makan yang minim. Tapi, tidak usah terlalu banyak karena selain memakan tempat, makanan itu bisa kadaluarsa.

Nah, pertanyaan berikutnya adalah apakah Anda berani memulai petualangan seperti Sam? (ita)

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section