1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS MOBIL

Ingat! Sebelum Mudik Wajib Cek Dulu Ban Belakang dan Pelek

Bagian ini merupakan salah satu bagian terpenting ketika kendaraan digunakan untuk mudik.

By Rohimat Nurbaya 9 Juni 2016 08:35
Ilustasi Cek Mobil

Money.id - Melakukan servis rutin sangat dianjurkan bagi seluruh pengguna kendaraan roda empat. Terlebih apabila kendaraan itu akan digunakan sebagai alat transportasi untuk mudik pada tahun ini. 

Tentunya ketika mobil hendak digunakan mudik harus melakukan servis ulang untuk memeriksa seluruh bagian kendaraan dan memastikannya dalam kondisi maksimal.

Dikutip dari laman resmi Toyota Astra, Salah satu komponen yang wajib diperiksa secara lebih teliti adalah bagian ban karena bagian ini merupakan bagian terpenting ketika kendaraan digunakan untuk mudik. Kondisi ban yang tidak baik bisa membuat laju kendaraan terganggu, terlebih lagi jika medan jalan yang dilalui tidak selalu mulus. Anda bisa dengan secara langsung memeriksa kondisi permukaan ban yang mulai gundul ini.

Atau bisa juga dengan memanfaatkan batas toleransi yang ada di dinding ban. Bentuknya seperti segitiga dan disebut TWI (tyre wear indicator), TWI ini merupakan batas toleransi yang sudah ditetapkan oleh produsen ban. Meski banyak pengguna kendaraan roda empat yang meremehkan, namun tekanan angin juga sangat berguna dalam menjaga kestabilan mobil yang dikendarai.

Untuk itu, pastikan tekanan angin ban stabil karena jika ban terlalu keras maka bisa membuat mobil cengkraman berkurang dan bila kurang angin maka bahan bakar kendaraan akan mudah habis. 

Tekanan angin ban umumnya di kisaran 30-32 psi. Selain itu, Anda juga wajib melakukan pemeriksaan pada bagian pelek dan pastikan jika tidak ada yang peang pada bagian bibir pelek.

Pasalnya, pelek dengan kondisi bengkok bisa mengakibatkan kendali mobil jadi berubah menjadi liar apalagi jika kendaraan dikendarai dalam laju yang cepat.

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section