1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Cegah Pengemudi Mabuk, Honda Kembangkan Detektor Alkohol Portabel

Detektor alkohol tesebut terhubung dengan pengapian pada mobil, sehingga apabila pengemudi dengan kadar alkohol tinggi mesin akan mati.

By Rohimat Nurbaya 25 Maret 2016 17:20
Detektor alkohol (theautochannel.com)

Money.id - Kecelakaan akibat pengemudi mabuk sering terjadi di jalan raya. Hal tersebut tidak hanya membahayakan pengemudi itu sendiri, tetapi nyawa pengemudi lain dan orang-orang di sekitarnya.

Dikutip dari, theautochannel.com, Jumat, 25 Maret 2016, guna mengurangi kecelakaan di jalan raya akibat mabuk, Hitachi, Ltd dan Honda Motor Co, Ltd membuat prototipe detektor alkohol portabel.

Alat itu bisa mendeteksi uap air jenuh dari nafas manusia danmengukur kadar alkohol dalam waktu tiga detik. Lebih canggih lagi, Hitachi dan Honda mengembangkan sistem yang dapat menunjukkan kadar alkohol pengemudi pada panel display kendaraan.

Dengan teknologi tersebut, apabila pengemudi yang masuk ke dalam mobil terdeteksi dalam pengaruh alkohol lebih dari yang disarankan, mesin mobil akan mati dan mobil tidak akan bisa dijalankan.

Memang saat ini, upaya pencegahan adanya pengemudi yang terpengaruh alkohol menjadi fokus di seluruh dunia. Pencegahan dititikberatkan kepada teknologi yang ada di kendaraan supaya semua orang bisa mengemudi dengan aman.

Di Jepang, beberapa operator transportasi menggunakan detektor alkohol untuk menguji apakah pengemudi mereka berada di bawah pengaruh alkohol atau tidak. Semua pengemudi diperiksa sebelum menjalankan kendaraan.

Sementara itu, di Amerika Serikat, lembaga bernama Highway Traffic Safety Administration Nasional (NHTSA) telah mengembangkan teknologi yang sama dengan Hitachi dan Honda yakni, interlock pengapian yang menghubungkan detektor alkohol dengan mesin kendaraan.

Meski fungsinya sama dengan yang dikembangkan NHTSA. Tetapi teknologi milik Hitachi dan Honda memiliki keunggulan lain dibanding interlock pengapian lainnya. 

Apabila dalam sistem lain pengemudi harus melakukan tes dari kursi pengemudi setelah mereka sudah di dalam kendaraan, namun dengan perangkat dari Hitachi dan Honda ini, pengemudi bisa mengukur tingkat alkohol mereka dari mana saja. Bahkan sebelum memasuki kendaraan. Sehingga mengurangi godaan untuk mengemudi.

Selain itu, perangkat yang dikembangkan Hitachi dan Honda itu bisa mengkonfirmasi kadar alkohol dari napas manusia lebih akurat dari alat yang sudah ada saat ini.

Kemajuan seperti ini akan memberikan kontribusi untu mengurangi, bahkan menghilangkan kasus mengemudi dalam keadaan mabuk dan kecelakaan akibat pengemudi mengonsumsi alkohol. (poy)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section