1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Dua Sportbike Terbaru Keluaran Honda

Sportbike itu tinggal menunggu 'lampu hijau' dan siap dijual dengan harga...

By Stella Maris 12 Desember 2015 13:11
Honda RVF1000 V4 (motorcyclenews.com).

Money.id - Honda berencana merilis dua sportsbikes keluaran terbaru dengan pembaharuan yang signifikan, yaitu CBR1000RR Fireblade dan RVF1000 V4 si pendatang baru. Dua sportbike ini terinspirasi dari replika RC213V-S MotoGP.

Bila diberi 'lampu hijau' maka fireblade tersebut siap mengaspal pada 2017. Nantinya CBR1000RR akan hadir dengan tampilan yang lebih segar dan diprediksi akan bertarung di kancah perang elektronik superbike.

Terlepas dari update tersebut, fireblade masih ditujukan bagi mereka yang ingin punya tunggangan balap versi jalanan, dan hadir dengan harga terjangkau. Kendaraan ini sengaja diciptakan untuk kegiatan berkendara sehari-hari bukan untuk adu kecepatan alias balapan.

Bagi yang mengidamkan motor untuk balapan, bisa melirik RVF1000 V4 yang dibanderol dengan harga sekitar Rp500 juta. Bila mendapatkan persetujuan produksi, motor ini jelas dapat menarik minat para pemilik superbike sekelas Yamaha YZF-R1M, Aprilia RSV4 RF, dan Ducati Panigale R.

Namun seperti kelahiran RC213V-S yang bermasalah, Honda masih butuh waktu bertahun-tahun dalam memutuskan spesifikasi dan harga yang pas untuk seri RVF. Jika masalah itu berlarut-larut seperti kasus V-S, ada peluang Honda akan menunda atau bahkan mematikan, proyek tersebut.

Sumber internal Honda mengisyaratkan bahwa RVF kemungkinan akan didahului oleh kloning terdekat dari RC213V-S, yang dibangun dengan spesifikasi jauh lebih rendah dari versi MotoGP yang dirilis tahun ini.

Dengan harga di kisaran sekitar Rp1 miliar, RC213V-S versi murah ini mungkin terdengar mahal, tapi masih banyak yang bersedia membayarnya. MotorCycleNews mengklaim baru saja mendapat detail dan rancangan gambar dari Honda RVF1000 V4.

RVF1000 dipastikan akan menjadi motor jalanan dan memiliki banyak elemen dasar dan desain yang mirip dengan RC213V-S. Penghematan pada RVF1000 dilakukan pada penggunaan bahan yang jauh lebih murah seperti subframe dari aluminium.

Meski Honda tidak bersedia mengkonfirmasikan atau menyangkal bahwa RVF akan masuk produksi, perusahaan saat ini sedang mengajukan aplikasi merek dagang untuk mendaftar ulang merek RVF.

 

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section