1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Deretan Kendaraan Perang Paling Canggih di Dunia (I)

Rata-rata kendaraan tersebut digunakan sebagai penunjang alat perang lainnya.

By Rohimat Nurbaya 10 Desember 2015 14:00
Trojan/ Wolverine M104 Heavy Assault Bridge/M60 AVLB (arcaneafvs/photobucket/wikimedia)

Money.id - Dunia militer terus melakukan berbagai inovasi alat-alat perang, tidak hanya senjata saja kendaraan perang pun diciptakan sedemikian rupa.

Hihimpun money.id dari militaryfactory.com, setidaknya ada 10 kendaraan canggih yang digunakan untuk militer. Rata-rata kendaraan tersebut digunakan sebagai penunjang alat perang lainnya, peran alat itu sangat vital.

Baca Juga: Deretan Kendaraan Perang Tercanggih (II)

1. M60 AVLB

(Wikimedia)

M60 AVLB (Armored Venhicle Launched Bridge) diproduksi oleh Patton Main Batlle Tank (MBT). Kendaraan militer tersebut digunakan sebagai jembatan yang dapat berpindah dengan menggunakan sistem scissor. Panjang Maksimal jembatannya adalah 18 meter.

Kendaraan tersebut pertama kali diproduksi pada 1967, kemudian diupdate pada 1987. Mobil perang tersebut dibekali mesin diesel dengan kekuatan 720 tenaa kuda.

2. Tank Baja Trojan

(arcaneafvs.com)

Kendaraan lapis baja Trojan digunakan sebagai mesin pencari ranjau darat. Alat itu digunakan oleh angkatan darat militer Inggris.

Tank baja Trojan dilengkapi senapan mesin untuk menanggulangi ancaman darat dan udara. Kecepatannya mencapai 59km/jam.

3. Engin de Franchissement de l'Avant

(servimg.com)

Kendaran militer ini digunakan angkatan darat Prancis. Biasanya alat perang tersebut digunakan sebagai basis perlindungan. Selain itu berfungsi jadi kapal penyebrangan dan jembatan.

4. M3 Amphibious RIG

(ytimg.com)

Kendaraan ini merupakan jenis amfibi, bisa digunakan di darat dan di air. Fungsinya untuk jembatan atau proyeksi bagi tank dan kendaraan konvensional lainnya dalam menangani hambatan air.

M3 Amphibious Rig telah digunakan sejak 1999, hingga sekarang masih diproduksi. Kendaraan ini memiliki panjang 13.03 m, lebar 3.35 m dan tinggi 3.97 m dengan berat total 26 ton.

Alat perang ini dilengkapi mesin Diesel 289 kW sehingga dapat mencapai kecepatan maksimal 80 km per jam dengan jarak tempuh 750 km di darat. Kemudian 14 km per jam di air.

5. Wolverine M104 Heavy Assault Bridge

(photobucket.com)

Kendaraan ini digunakan sebagai jembatan pada operasi militer. Alat perang ini dilengkapi perangkat komunikasi canggih supaya dapat tetap berhubungan dengan pusat komando dari jarak yang sangat jauh.


Suka Artikel Ini? Klik Like

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section