1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS MOBIL

Cara Menghilangkan Bau dan Membuat Mobil Selalu Wangi

Terkadang masalah bau tak sedap dari AC tidak kunjung hilang meskipun diberi parfum. Solusinya adalah...

By Adhi 2 Mei 2016 19:05
Ilustrasi bau pada mobil (carwow.co.uk)

Money.id - Bau tak sedap memang sangat menggangu. Apalagi jika bau tersebut berasal dari interior kendaraan Anda. Jika sudah terjadi, hal tersebut akan mengganggu kenyamanan Anda selama berkendara. Sebaliknya, mobil yang bersih dan wangi akan membuat lebih nyaman selama berkendara.

Nah, ada beberapa cara untuk menjaga agar mobil Anda tetap wangi. Berikut adalah beberapa di antaranya seperti yang diinformasikan laman resmi Toyota Astra:

Pertama, kebersihan adalah kunci utama. Anda harus sering bersih-bersih untuk menjaga mobil jauh dari bau tak sedap. Luangkan sedikit waktu sebelum berangkat untuk menyapu karpet mobil.

Anda tak perlu mengeluarkan karpet dan mencucinya setiap hari. Cukup dengan menyapunya agar kotoran dan debu keluar. Jika rutin menyapunya setiap hari, saat akhir minggu anda cukup menyemprot karpet mobil dengan air lalu mengeringkannya.

Anda juga bisa membersihkannya dengan air sabun agar hasilnya maksimal. Jemur karpetnya, dan tunggu sampai benar-benar kering untuk menghindari bau apek.

Kedua, AC dapat menjadi sumber bau pada mobil. Selain kotoran dan noda di alas mobil, biasanya bau tak sedap muncul dari AC mobil. Bau tak sedap yang keluar dari AC sangat mengganggu kenyamanan berkendara karena udara terasa pengap tanpa menggunakan AC.

Saat mengalami masalah ini, Anda bisa mengatasinya dengan penggunaan parfum. Pilih parfum yang bisa menetralisir bau tak menyenangkan. Parfum beraroma bunga tergolong ampuh mengusir bau-bauan tak sedap di dalam mobil karena umumnya berbau lembut.

Terkadang masalah bau tak sedap dari AC tidak kunjung hilang meskipun diberi parfum. Hal ini disebabkan oleh jamur dan kuman yang ada di ventilasi AC.

Untuk mengatasinya Anda harus membawa mobil Anda ke bengkel dan dilakukan pembersihan secara menyeluruh pada saluran AC.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section