1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Nissan Beli 34 Persen Saham Mitsubishi Senilai Rp29,2 Triliun

Dengan ini Nissan memiliki saham sebesar 34 persen atas Mitsubishi.

By Nur Chandra Laksana 13 Mei 2016 15:23
All New Pajero Sport (merdeka.com)

Money.id - Raksasa otomotif asal Jepang, yakni Nissan, dikabarkan telah memborong saham raksasa otomotif Jepang lainnya, yakni Mitsubishi. Pembelian ini dilakukan Nissan saat saham Mitsubishi Motor Coorp (MMC) jatuh karena diterpa skandal terkait mesin yang mereka ciptakan.

Dilansir dari BBC, Jumat 13 Mei 2016, Nissan telah membeli 34 persen saham Mitsubishi dengan nilai transaksi sebesar US$2,2 miliar, atau setara dengan Rp29,2 triliun. Dengan medapatkan saham sebesar itu, Nissan kini memiliki hak de facto terhadap perusahaan yang memiliki lambang tiga berlian tersebut.

"Transaksi ini adalah solusi win-win bagi kedua perusahaan," tutur Direktur Eksekutif Nissan, Carlos Ghosn.

Memang, langkah ini dilakukan oleh Nissan karena penjualan produk Nissan di Asia Tenggara, terutama di Thailand dan Filipina masih didominasi oleh penjualan Mitsubishi. Oleh karena itu, langkah ini dikatakan sebuah langkah yang menguntungkan untuk pihak Nissan, dan juga tentunya untuk Mitsubishi.

Sedangkan di Indonesia sendiri, penjualan kendaraan masih didominasi oleh Toyota dan Honda. Sedangkan penjualan Nissan pada bulan Maret 2016 hanya mencapai 2.3154 unit, jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan penjuaan Mitsubishi yang mencapai 9.355 unit pada bulan yang sama.

 

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section