1. HOME
  2. OTOTALK

6 Tip Perawatan Mobil Baru Agar Tahan Lama

Kalau tak dirawat, kondisi mobil baru sebelas dua belas dengan mobil yang sudah lama digunakan.

By Ismoko 12 Maret 2020 09:22
Tak Hanya Yang Lawas, Mobil Baru Juga Perlu Dirawat. (Foto: Shutterstock)

Banyak orang berpikir tak perlu melakukan apa-apa saat membeli mobil baru. Padahal, jika tak dirawat dengan baik, kondisi mobil baru akan sama saja dengan kendaraan bekas.

Dikutip dari Wuling Indonesia, Kamis 12 Maret 2020, ada enam bagian yang tak boleh luput dari perawatan saat memiliki mobil baru. Pertama, kondisi cairan di mobil. Merawat mobil baru bisa dilakukan dengan cara yang sederhana dan pengecekan secara rutin.

Kamu harus rajin mengecek kondisi oli mesin. Pengecekan ini bisa dilakukan secara rutin setiap sebulan sekali. Dengan begitu, kebocoran dan hal janggal pada mobil bisa cepat teratasi. Ada juga cairan-cairan lain di dalam mobil yang membutuhkan perhatian seperti minyak rem, cairan pembersih kaca, hingga oli transmisi.

Ke dua, filter udara. Kamu juga bisa mengecek kondisi filter udara, sistem pembuangan, aki, dan oli. Pengecekan aki sebaiknya dilakukan secara rutin agar tak kaget kalau mobil tiba-tiba mati di jalan.

Ke tiga, tekanan ban. Jangan lupa untuk mengecek tekanan ban. Sebaiknya kamu rutin memeriksa tekanan ban minimal sebulan sekali atau sebelum melakukan perjalanan jauh. Kamu juga bisa merotasi ban mobil agar kinerjanua seimbang. Ini akan membuat ban berada dalam kondisi prima dan panjang umur.

Cek Interior dan Eksterior Mobil 

Ke empat, eksterior mobil. Agar tampilannya tetap mulus seperti keluar dari showroom, kamu harus rajin membersihkan eksterior mobil dengan lap setelah digunakan. Tujuannya agar cat mobil tetap awet dan bersih dari debu yang bisa menggores permukaan mobil.

Kamu juga bisa menjadwalkan untuk mencuci mobil setiap satu minggu sekali. Gunakanlah sampo mobil dengan kualitas yang baik agar tidak menimbulkan bekas. Jangan lupa juga untuk mengeringkannya setelah dicuci supaya tak ada bercak air mengering di bagian eksteriornya. Menggunakan pelindung cat atau waxing juga bisa menjaga mobil dalam keadaan mulus. Setelah dibersihkan, mobil bisa ditutup dengan menggunakan sarung untuk menghindari kotoran kembali menempel.

Ke lima, bagian interior. Bagian ini juga harus dibersihkan. Caranya bisa dengan mengelap dan menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu-debu di karpet mobil sampai joknya.

Melakukan perawatan mobil ini tak hanya dilakukan untuk membuat tampilannya tetap kinclong, melainkan juga agar tidak cepat rusak. Tak hanya merawat saja, kamu yang membeli mobil baru juga harus memahami layanan after sales atau purna jual yang diberikan oleh pabrikan supaya kualitas mobil lebih terjaga.

Ke enam, layanan after sales. Perhatian juga layanan purnajual. Saat membeli mobil baru, biasanya ada panduan manual yang diberikan dalam mobil. Misalnya, garansi mesin, komponen, dan perawatan. (Sumber: Dream.co.id)

 

 

(i)

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section