1. HOME
  2. OTOSHOW
OTOMOTIF

50 Tahun Larang Balapan, Swiss Beri Lampu Hijau untuk Formula E

Larangan penyelenggaraan balapan di Swiss dilatari insiden tragis. Pada saat kejuaraan Le Mans 1995 terjadi...

By Nur Chandra Laksana 11 Desember 2015 10:05
Salah Satu Tim yang Ikut Dalam Formula E (Autoblog)

Money.id - Swiss sempat melarang pagelaran balap di negaranya selama lebih dari setengah abad. Namun sepertinya larangan ini segera dicabut.

Salah satu negara termakmur di dunia itu segera menggelar balapan Formula E, demikian dikutip dari Autoblog, walaupun jadwalnya diundur. Penyelenggara menargetkan dua agenda balapan di daerah Lakeside City di Lugano, dekat perbatasan Italia.

Setelah memantau lokasi, penyelenggara menilai, butuh waktu lebih untuk menyiapkan sirkuit agar layak. Oleh karena itu, mereka memundurkan jadwal balap Formula E sesi 2016-2017. 

Meski tanpa balapan, Swiss tetap hadir di balapan seri ini. Tim Trulli GP tercatat di dalam list dengan empat pembalap Swiss. Keempat pembalap ini--Sebastien Buemi, Alex Montana, Fabio Leimer, dan Simona de Silvestro--menjalani seri percobaan tahun lalu.

Kecelakaan

Larangan penyelenggaraan balapan di Swiss dilatari insiden tragis. Pada saat kejuaraan Le Mans 1995 terjadi kecelakaan yang merenggut nyawa 80 penonton, dan melukai 120 lainnya.

Setelah kejadian ini, Mercedes menutup program balapnya. Dan, beberapa negara--termasuk Jerman, Prancis, dan Spanyol--melarang segala jenis balapan di negaranya.

Namun saat Mercedes kembali ke dunia balap pada tahun 1980, kebanyakan negara menghapuskan larangan tersebut, kecuali Swiss.

Hingga kemudian, parlemen mulai meninjau ulang larangan tersebut, beberapa waktu lalu. Parlemen fokus meninjau izin penyelenggaraan balapan mobil listrik di sana.

Sebanyak empat pembalap diturunkan untuk Formula E ini, lebih banyak dari pada Prancis. (poy)

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From OtoShow Section