1. HOME
  2. OTOSHOW
OTOMOTIF

3 Mobil Bertenaga Surya Ini Sanggup Angkut Banyak Penumpang

Kebanyakan mobil bertenaga matahari hanya memiliki satu penumpang.

By Nur Chandra Laksana 19 November 2015 15:54
The Immortus (edibre.com)

Money.id - Para penemu di seluruh dunia saat ini tengah berlomba-lomba menciptakan bahan bakar yang dapat diperbaharui serta ramah lingkunga. Penggunaan teknologi panel matahari (surya) menjadi salah satu pilihan yang paling memungkinkan.

Inovasi yang dihasilkan menggunakan teknologi panel surya pun mulai bermunculan. Mulai dari sumber daya penerangan tanpa listrik, menjalankan mesin pemurnian air bersih, dan lainnya. Namun bagaimana dengan kendaraan?

Sejauh ini, Australia menjadi markas sejumlah pabrikan otomotif yang menggarap mobil bertenaga surya. Akan tetapi, masalah utama dari sebuah mobil bertenaga surya adalah kapasitas tenaga yang dihasilkan sangat terbatas. Sehingga, mobil-mobil tersebut umumnya hanya bisa mengangkut satu orang pengemudi saja, tanpa penumpang.

Namun, kini kabarnya sudah ada beberapa seri mobil bertenaga surya yang mampu mengangkut penumpang. Berikut 3 di antaranya:

1. Stella Lux

(solarteamindhoven.nl)

Stella Lux merupakan mobil bertenaga matahari pertama di dunia. Tim Solar Eindhoven telah membuat beberapa model untuk bersaing di Australia World Solar Challenge. Hal yang menjadi kekurangan dari mobil bertenaga matahari adalah isi penumpang. Namun, Stella Lux terbaru disebutkan mampu mengangkut hingga tiga penumpang. Dan mobil ini tetap mampu melaju dengan cepat.

2. The Immortus

(edibre.com)

Memiliki tampilan seperti mobil penjahat super dengan kekayaan berlebih, Immortus memang memiliki tampilan yang eksentrik. Mobil yang dibuat oleh perusahaan asal Melbourne, EVX Ventures ini memiliki 75 kaki persegi panel surya di atapnya. Namun Anda harus merogoh kocek dalam-dalam karena mobil ini memiliki harga US$370 ribu atau sekitar Rp5,1 miliar untuk memiliki mobil tersebut. Sepertinya memang penjahat super dengan kekayaan berlebih saja yang ingin membeli mobil ini.

3. Ford CMAX Solar Energi Hybrid Concept

(media.ford.com)

Ford merupakan salah satu perusahaan mobil besar yang tertarik dengan konsep mobil bertenaga matahari. Ford sendiri tengah menyempurnakan konsep mobil bertenaga matahari hybrid mereka, yakni Ford CMAX Solar Energi Hybrid. Konsep yang mereka tawarkan adalah mobil ini adalah pengisian baterai tidak selalu bergantung dengan listrik di rumah atau di stasiun pengisian listrik. (dhi)

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

(a/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From OtoShow Section