1. HOME
  2. OTOSHOW
OTOMOTIF

15 Desain Mobil yang Ubah Industri Otomotif Dunia (2)

Mobil-mobil tersebut memiliki teknologi tercanggih pada jamannya, mulai dari bentuk futuristik hingga mesin penggerak empat roda.

By Rohimat Nurbaya 21 Oktober 2015 13:22
Mobil mengispirasi (Foto: Don Jones Photography/x-ray delta one/TDelCoro)

Money.id - Ribuan model mobil telah diluncurkan ke pasaran. Mayoritas mobil merupakan pengembangan dari desain sebelumnya.

Seperti dukutip Carophile.com, ada 15 mobil menginspirasi dunia otomotif. Desain mobil-mobil itu disebut sebagai pelopor. Berikut daftarnya:

6. Buick Y-Job - 1938

Foto: x-ray delta one

Mobil Buick Y-Job merupakan mobil pertama dengan bentuk futuristik. Pertama kali muncul, mobil tersebut memperkenalkan desain indah dengan berbagai teknologi terbaru. Beberapa di antaranya, menggunakan power electric windows, lampu depan tersembunyi dan handle pintu yang didesain ke dalam.

Kemudian mobil tersebut menggunakan bumpper, serta atapnya bisa ditutup dan dibuka. Semua fitur tersebut tergolong paling maju di jamannya dan mobil itu disebut terlalu canggih pada saat itu.

7. Volkswagen Beetle - 1938

Foto: junktimers

Perusahaan mobil asal Jerman, Volkswagen membuat mobil dengan konsep kecil, handal dan murah. Mobil tersebut sempat populer di dunia setelah perang dunia II atau sekitar 1945.

Volkswagen Beetle diproduksi hingga 2003 atau sekitar 65 tahun. Mobil tersebut bisa dikategorikan mobil terlaris sepanjang massa. Bayangkan saja, mereka memproduksi mobil itu hingga 21 juta unit.

Mobil yang dikenal dengan sebutan VW Beetle tersebut dirancang Ferdinand Porche. Mobil itu menginspirasi pembuat menggunakan mesin diletakan di belakang pada semua mobil ciptaannya.

8. Bantam Jeep - 1940

Foto:  TDelCoro

Bantam Jeep diproduksi oleh Bantam Car Company di Butler, Pennsylvania, Amerika Serikat. Ada sejarah menarik saat pembuatan mobil tersebut.

Bantam Jeep benar-benar mengubah industri mobil saat itu, saat itu baru pertama kali dikenalkan mobil dengan empat mesin penggerak roda. Model tersebut merupakan sebuah kendaraan yang inovatif dan digunakan khusus militer pada Perang Dunia II.

Anehnya mobil tersebut bukan dibuat oleh sebuah perusahaan besar. Jeep tersebut dibuat di sebuah pabrik kecil oleh perusahaan hampir bangkrut.

Mobil tersebut memang dibuat khusus untuk militer, pengerjaannya hanya dilakukan oleh warga kota sekitar yang tidak mempunyai pekerjaan.

Mobil Jeep ini telah digunakan di gurun, hutan hingga ke pantai. Saat ini menggunakan Jeep jadi salah satu olahraga populer di Amerika Serikat. Mobil tersebut bisa digunakan ke mana saja dan berbagai tempat di seluruh penjuru dunia.

9. BMC Mini - 1959

Foto: Happy Accidents Inc.

BMC Mini merupakan mobil kecil laris di pasaran, harga dibanderol sangat murah pada jamannya. Mobil tersebut menggunakan mesin penggerak roda depan atau Front Engine Drive.

BMC Mini menggunakan suspensi depan yang inovatif yakni menggunakan space-saving rubber cones. Mobil itu didesain dengan sangat ringan, sehingga kerap jadi juara bila dipakai dalam Rally Monte Carlo.

Mobil tersebut memiliki traksi sangat baik, serta bisa bekerja maksimal di permukaan jalan licin, banyak juara lahir dengan mobil tersebut.

10. Cooper T43 -1957

Foto: Don Jones Photography

Mobil Cooper T43 dibuat pada 1957. Mobil tersebut dibekali mesin empat silinder 2000cc dipasang di belakang pengemudi. Mobil tersebut menggunakan teknologi Citroen Traction Avant untuk mentransfer tenaga ke roda belakang.

Cooper T43 merupakan mobil pertama memenangkan grand prix pada 1985. Kemudian mobil tersebut digantikan dengan versi selanjutnya yakni Cooper T45. Tipe selanjutnya yang keluar yakni, Cooper T51.

Faktanya mobil Cooper T43 dengan kecepatan maksimal bisa mengalahkan mobil bertenaga 2500cc, padahal mobil tersebut memiliki tenaga lebih kecil yakni 2000cc.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From OtoShow Section