1. HOME
  2. OTOSHOW
OTOMOTIF

15 Desain Mobil yang Ubah Industri Otomotif Dunia (I)

Mobil tersebut dianggap sebagai pioner berbagai teknologi dalam industri otomotif dunia.

By Rohimat Nurbaya 20 Oktober 2015 13:28
Deretan mobil mengispirasi dunia (Foto: Tuur/ jamica1/ eu-moto images)

Money.id - Mobil telah ada lebih dari satu abad. Ribuan model dari berbagai merek telah luncurkan ke pasaran.

Kebanyakan mobil tampak mirip dengan desain sebelumnya, tapi ada beberapa mobil disebut jadi inovasi perkembangan industri otomotif dunia.

Seperti dikutip Carophile.com, berikut adalah 15 mobil yang masuk dalam daftar sebagai inovasi dalam perkembangan dunia otomotif:

1. Benz Patent Motorwagen - 1885

Foto: Chris Wevers

Benz Patent Motorwagen termasuk kendaraan pertama di dunia yang menggunakan mesin. Sebelum ada mobil tersebut, kereta biasanya hanya ditarik oleh kuda.

Kendaraan tersebut menggunakan mesin empat tak satu silinder sebagai penggerak roda belakang. Kendaraan tersebut hanya menggunakan dua tempat duduk dan tiga roda dengan pelek turbular terbuat dari besi.

Pembuatan kendaraan itu seluruhnya dibiayai oleh Bertha. Dia adalah istri penemu mobil tersebut Karl Benz. Bertha dan dua anaknya mencoba pertama kali mobil tersebut sejauh 120 mil.

Kemudian, ketika mereka kembali menceritakan beberapa masalah teknis, lalu beberapa kekurangan yang ada langsung diperbaiki.

2. Ford Model T - 1908

Foto: GPS 56

Mobil Ford Model T merupakan revolusi industri kendaraan di dunia. Mobil tersebut merupakan mobil pertama diproduksi massal menggunakan perakitan modern.

Mobil ini dibuat untuk menyasar kelas menengah di Amerika. Ford Model T  jadi mobil pertama dengan harga terjangkau.

Mobil murah mulai marak setelah ada sistem perakitan modern. Selain itu, produksi massal mobil pun mulai berdenyut di sejumlah negara. Dengan demikian orang yang ingin memiliki mobil tidak harus membayar uang pengiriman.

Ford, kala itu, tidak ingin menghabiskan dana untuk desain dan gaya. Ford hanya fokus pada menjaga harga supaya tetap rendah.

Sebelum Model T, Henry Ford sebagai pencipta mobil tersebut telah membuat beberapa prototipe tapi tidak pernah diproduksi massal. Total prototipe berjumlah 19 dan diberi nama sesuai huruf dari A hingga T.

3. Cadillac Touring Edition - 1912

Foto: eu-moto images™

Henry Ford yang merupakan penemu mobil Ford, sebenarnya orang pertama memperkenalkan merek Cadillac, tetapi setelah terjadi sengketa akhirnya dia memilih mengundurkan diri.

Setelah Henry Ford pergi, kemudian perusahaan tersebut mengeluarkan mobil edisi touring pada 1912. Kendaraan yang dibuat Cadillac ini merupakan mobil kelas mewah pertama yang menggunakan electric starter.

Sebelum adanya teknologi electric starter tersebut, orang yang ingin menyalakan mobil harus menggunakan engkol tangan. Hal tersebut bisa sangat berbahaya karena berpotensi mengakibatkan tangan terluka dan lecet.

Cadillac Touring Edition juga pada saat itu menggaet konsumen para wanita. Maklum, tak perlu tenaga besar untuk menghidupkan mesin mobil ini.

Kesan ini diperkuat Cadillac dengan memasang model wanita pada iklan mobil tersebut. Cadillac ingin menunjukkan bahwa wanita pun bisa mengemudi, tidak hanya menjadi penumpang saja.

4. Essex Closed Coach - 1988

Foto: jamica1

Pabrikan mobil Essex didirikan oleh Hudson Motor Company pada 1918. Tetapi Essex hanya bertahan selama empat tahun saja. Dengan waktu sangat singkat tersebut, menghadirkan mobil dengan ukurannya lebih kecil dan harga terjangkau.

Essex merupakan mobil pertama yang seluruhnya tertutup. Saat itu umumnya mobil menggunakan atap yang bisa dibuka. 

Orang-orang patut berterima kasih pada Essex, karena mobil-mobil yang ada saat ini menggunakan atap tertutup terinspirasi oleh mobil tersebut.

5. Ford Model 18 - 1932

Foto: Tuur

Mobil Ford Model 18 dirilis pada 1932. Mobil tersebut merupakan mobil produksi pertama di dunia yang didukung dengan mesin V8. Mesin itu hingga kini digandrungi masyarakat Amerika. Mobil 3600 cc setara dengan 65 tenaga kuda tersebut menuai kesuksesan. Sehingga tipe sebelumnya yang bernama tipe B, langsung dilupakan.

Ketangguhan mobil itu disebut-sebut sempat mendapat pujian dari perampok bank sangat terkenal yakni, Clyde Barrow. Dia menulis surat kepada Henry Ford dan berterima kasih karena telah memproduksi mobil tersebut.

Tetapi hal tersebut, belum bisa dibuktikan secara pasti dan hingga saat ini masih menjadi misteri. Namun yang pasti, mobil Ford Tipe 18 tersebut benar-benar mobil  bagus dan mengubah indsutri otomotif dunia. (ita)

Bersambung...

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From OtoShow Section