1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Zinnia, Bunga Pertama Yang Tumbuh di Luar Angkasa

Seiring tumbuhnya bunga Zinnia ini diharapkan bisa menjadi awal dari perkebunan di luar angkasa

By Nur Chandra Laksana 18 Januari 2016 17:02
Bunga Zinnia yang berhasil tumbuh di luar angkasa Scott Kelly/NASA

Money.id - Bagi sebagian orang, mereka percaya bumi bukanlah satu-satunya planet yang memiliki kehidupan. Untuk mencari informasi dan membuktikan hal tersebut, para peneliti NASA ataupun dari negara lain berbondong-bondong meluncurkan pesawat angkasa untuk melakukan sebuah ekspedisi.

Namun setelah sekian lama mencari, nampaknya sampai saat ini para peneliti masih belum juga menemukan planet bisa ditempati selain di bumi. Jangankan untuk manusia hidup. Bahkan untuk sebuah tanaman untuk hidup pun sangat rendah.

Namun setelah bertahun-tahun penelitian, sekelompok astronot untuk pertama kalinya berhasil menumbukan sebuah tanaman. Memang tidak mudah untuk menumbuhkan tanaman ini, dibutuhkan perawatan khusus dan lingkungan yang terkontrol dengan baik.

Seorang astronot asal Amerika bernama Scott Kelly yang pertama kali memposting foto tumbuhan ini ke akun twitter miliknya. Dia juga menuliskan “Bunga pertama yang pertama kali tumbuh di luar angkasa memulai debutnya!”.

 

 

Setelah itu Scott kembali menuliskan “Ya, ada kehidupan lain di ruang angkasa!”.

Jenis tumbuhan yang berhasil tumbuh di luar angkasa ini adalah sebuah bunga dengan jenis Zinnia. Bunga yang berwarna oranye itu terlihat tumbuh dengan segar dan nampak persis seperti Zinnia yang tumbuh di bumi.

Memang sebelumnya para kru di International Space Station (ISS) sudah bisa menumbuhkan dan memakan selada yang sengaja di tumbukan di ISS. Namun, untuk tanaman lainnya memang ini adalah tanaman pertama yang berhasil tumbuh.

Memang Zinnia bukanlah sebuah tanaman yang bisa dimakan, namun sengaja dipilih karena atribut yang melekat pada bunga tersebut. Berhasilnya Zinnia tumbuh di luar angkasa bisa jadi menjadi sumber penelitian untuk membuat perkenunan buah dan sayuran di luar angkasa, yang memang bisa membawa perubahan besar dalam rangka menjelajah luar angkasa.

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section