1. HOME
    2. NEWS
BISNIS MUSIK

Wow, Pemerintah RI Punya Studio Rekaman Tua Tempat 'Harta Karun' Musik

By Rohimat Nurbaya 22 September 2016 13:20
Harta Karun Musik

Dikutip dari laman Lokanantamusik.com, Malaysia selalu berkoar-koar mengakui lagu Ke 'Negaraku' adalah milik mereka sendiri, namun di satu tempat dalam sebuah ruangan di studio Lokananta ternyata masih menyimpan versi aslinya.

Judul asli lagu kebangsaan Malaysia itu adalah 'Terang Bulan' ciptaan Saiful Bahri yang asli orang Indonesia. Dalam arsip Lokananta lagu tersebut berdurasi 11 menit 15 detik.

Lagu tersebut pernah direkam di RRI Jakarta pada 1956 dan dipindahkan ke piringan hitam oleh Lokananta pada 16 Maret 1965. Penyanyinya adalah Orkes Studio Djakarta yang dipimpin langsung oleh Saiful Bahri.

Lagu bernuansa keroncong melayu tersebut memikat pemerintah Malaysia yang baru merdeka untuk dijadikan lagu negara. Aden Bahri, ahli waris lagu 'Terang Bulan' menyebut bahwa lagu ini dihadiahkan Presiden Soekarno untuk Malaysia.

"Waktu itu hubungan Indonesia dengan Negeri Jiran masih sangat baik. Karena lagu ini juga akhirnya ayah saya mendapat penghargaan dari pemerintah Malaysia, fotonya masih ada," kata Aden.

Kemudian lagu 'Rasa Sayang Eh' yang muncul di iklan promosi pariwisata Malaysia. Dalam videonya, lagu ini dinyanyikan secara bergantian oleh anak kecil hingga orang tua. Kesannya lagu tersebut sudah mengakar dalam budaya Malaysia.

Tetapi ternyata lagu tersebut, baik lirik dan nadanya tidak lain adalah lagu tradisonal Indonesia yang judulnya 'Rasa Sayange' yang dikena berasal dari Maluku. Masyarakat Indonesia seperti disulut urat marahnya saat tahu tetangga sebelah kembali memakainya tanpa permisi.

Lokananta pun kembali beraksi, menjadi pahlawan untuk kedua kali. Ternyata setelah ditelusuri lagu 'Rasa Sayange' tersebut masuk dalam kompilasi Asian Games: Souvenir From Indonesia. Album ini merupakan buah tangan dari Indonesia bagi negara-negara peserta Asian Games IV di Jakarta pada 1962, Malaysia salah satu negara yang dapat suvenir itu. (poy)

(rn/rn)

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section