1. HOME
  2. NEWS
TEROR PARIS

Wanita Ini Diklaim Berada di 4 Insiden Teror Berbeda

Benarkah wanita ini berada di 4 kejadian teror berbeda? Siapa dia?

By Dwifantya Aquina 16 November 2015 14:16
Wanita yang diklaim sama dalam 4 tragedi berbeda (wafflesatnoon.com)

Money.id - Sebuah gambar yang menampil sosok tiga orang wanita dalam sebuah insiden teror berbeda menjadi viral di dunia maya. Gambar yang beredar luas di media sosial itu diklaim menunjukkan wanita yang sama di tiga tragedi yang berbeda, yakni insiden penembakan di teater Aurora, Colorado, penembakan Sandy Hook, dan Bom Boston di Amerika Serikat.

Namun, gambar tersebut dinyatakan HOAX atau tidak benar oleh situs wafflesatnoon.com. Menurut situs itu, identitas ketiga wanita itu bukanlah orang yang sama. Mari kita kupas satu per satu klaim yang terkait dengan itu, dan identitas wanita dalam foto yang beredar.

Penembakan Aurora

(Daily Mail)

Wanita dalam foto tersebut adalah Amanda Medek. Beberapa foto pers yang diambil dari dirinya duduk di sebuah tangga memuat keterangan, "Amanda Medek, yang mencari adiknya Micayla, duduk di luar Gateway sebuah SMA, Jumat 20 Juli 2012, di Aurora, Colorado."

Penembakan Sandy Hook

(Daily Mail)

Wanita ditampilkan dalam foto peristiwa Sandy Hook foto di atas adalah Carlee Soto, yang baru saja belajar menerima kenyataan bahwa adiknya Vicky Soto sudah meninggal. Sebuah keterangan foto tersebut menuliskan, Carlee Soto tengah belajar menerima kenyataan bahwa adiknya Vicky Soto adalah di antara mereka yang tewas dalam penembakan di sekolah.

Bom Boston

(Christian Science Monitor)

Keterangan resmi untuk gambar yang beredar menyatakan bahwa Emma MacDonald dan dua orang teman difoto tersebut berada di tengah-tengah korban Boston.

Teror Paris

Beberapa jam setelah serangan teroris di Paris pada November 2015, beredar foto di media sosial dengan seorang wanita lain, yang dikatakan telah menghadiri keempat tragedi. Seorang netizen menulis, "Sial, salah satu gadis beruntung itu sepertinya dia di Paris semalam. Dia juga berada di Sandy Hook selama penembakan sekolah Aurora dan Boston selama pemboman maraton. Kebetulan atau profesional aktor yang dibayar pemerintah?"

Seperti versi asli dari grafik, seseorang telah mengambil gambar dari seorang wanita muda menangis dengan rambut coklat dan label sebagai "bukti" bahwa wanita yang sama berada di keempat tragedi. Wanita di foto tersebut hingga kini belum teridentifikasi. Keterangan dari foto tersebut hanya menuliskan, "Tim penyelamat mengevakuasi korban menyusul serangan di ibukota Perancis, Paris."

Keempat wanita di foto pada empat tragedi yang berbeda adalah tidak sama. Gambar menunjukkan wanita yang berbeda di masing-masing foto menangis di lokasi yang berbeda. Identitas pertama tiga wanita yang dikenal, sementara wanita keempat belum diidentifikasi. Sebuah kemiripan sepintas dan kesamaan dalam ekspresi dari empat perempuan digunakan untuk membuat klaim ini dengan mudah dibantah.

Suka Informasi Ini? KlikĀ Like Ini

Baca Juga

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section