1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Ternyata, Gaji Pelayan Pribadi Capai Ratusan Juta Rupiah Lho!

Di Inggris, rata-rata gaji pelayan pribadi berkisar sekitar Rp791 juta hingga Rp989 juta per bulan

By Nur Chandra Laksana 25 Januari 2016 07:31
Contoh pelayan pribadi (pprincess.com)

Money.id - Jika Anda penggemar film Batman, pastinya mengenal pelayan pribadi Bruce Wayne yang sangat setia, yakni Alfred Pennyworth. Dalam keadaan apapun, Alfred selalu ada di sisi Bruce tanpa pernah mengeluh sekalipun.

Meski sering dikaitkan dengan kehidupan aristokrat yang dianggap sudah ketinggalan zaman, namun profesi pelayan pribadi ini masih menjadi pilihan yang diminati di Inggris. Namun, percaya atau tidak, profesi pelayan pribadi ini ternyata hingga memiliki sekolah khusus untuk pelatihan menajdi pelayan.

“Ada sekitar 350 hingga 400 pelayan pribadi dilatih setiap tahunnya,” kata kepala sekolah di British Butler Institute (BBI), Gary Williams seperti dikutip dari bbc.com.

Dulunya Garry adalah seorang pelayan pribadi di Ritz. Namun dengan pengalaman dan keahliannya, kini Garry dipercaya menjadi kepala sekolah di BBI.

Menurut Garry, setelah lulus hanya sektiar setengahnya saja yang mencari kerja di Inggris. Sisanya kebanyakan mencari kerja di luar negeri, terutama di keluarga-keluarga kelas menengah di China dan negara-negara kaya minyak, seperti di Timur Tengah.

“Kira-kira sebesar 30 persen pelayan pribadi bekerja di Uni Emirat Arab, Qatar, dan Arab Saudi,” kata pengelola British Butler Academy (BBA), Sara Vestin Rahmani.

“Para majikan pelayan pribadi ini kebanyakan anggota keluarga kerajaan, syekh dan pemilik ladang minyak, yang rata-rata memiliki minimal tiga rumah, dan setidaknya 15 staf per rumah,” ucap Vestin. 

Seperti halnya BBI, British Butler Academy juga berbasis di London. Yang membedakan mereka dengan BBI adalah mereka juga menawarkan kursus menjadi pelayan pribadi ini ke seluruh dunia, tidak hanya di Inggirs saja.

“Untuk di Inggris sendiri, rata-rata gaji pelayan pribadi ini berkisar antara 40.000 hingga 50.000 poundsterling, atau sekitar Rp791 juta hingga Rp989 juta," ujar Vestin.

“Sedangkan untuk di negara Timur Tengah, gaji mereka bisa lebih besar daripada itu,” ucapnya.

Bagaimana? Apakah posisi sebagai pelayan pribadi ini ingin Anda coba lakukan? Jika iya, nampaknya Anda harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu untuk menjadi pelayan pribadi yang profesional. (poy)

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section