1. HOME
  2. NEWS
SETYA NOVANTO

Ratusan Ribu Netizen Desak Kasus Setya Novanto Segera Diusut

Desakan masyarakat sidang Setya Novanto segera dibuka disuarakan dalam dua petisi online di Change.org.

By Adhi 24 November 2015 12:52

Money.id - Penanganan kasus Setya Novanto oleh Majelis Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI terus mendapatkan pengawasan dari publik. Hingga pagi ini, Selasa 24 November 2015, dua petisi online warga terkait Setya Novanto di laman Change.org tembus hingga 110 ribu tandatangan.

Desakan masyarakat agar MKD membuka sidang Setya Novanto disuarakan dalam petisi yang dibuat oleh Kurnia Ramadhana dari Gerakan Turun Tangan. Petisi berjudul "Ayo dukung Sidang MKD DPR RI terbuka!" itu dalam satu hari telah mencapai lebih dari 32 ribu dukungan.

Menanggapi berlarut-larutnya proses di MKD dalam menentukan terbuka atau tidaknya sidang setya Novanto, Kurnia Ramadhan, pembuat petisi www.change.org/MKDSidangTerbuka dalam statemen kepada Change.org mengatakan:

"Publik berhak tahu tentang dinamika apa yang terjadi dalam rapat MKD DPR RI. Ini penting untuk pengembalian nama baik institusi legislatif Indonesia dan kepercayaan masyarakat setelah diguncang kasus Setya Novanto, yang notabene merupakan Pimpinan tertinggi DPR."

Desakan publik agar sidang digelar secara terbuka juga disuarakan oleh publik figur melalui media sosial, antara lain oleh Pandji Pragiwaksono, Yunarto Wijaya, Rene Suhardono, Emerson Yuntho, Burhanudin Muhtadi, Prof. Mahfud MD, Budiman Sudjatmiko, dan lainnya.

"Transparansi atau keterbukaan dan sikap tidak berpihak merupakan prasyarat untuk menemukan kebenaran yang menyangkut anggota apalagi pimpinan DPR. Sidang MKD yang terbuka merupakan prasyarat memulihkan citra MKD dan DPR yang amat negatif di mata rakyat. Jika tidak, yang akan terjadi adalah kongkalikong," kata A. Setiawan Abadi, netizen pembuat petisi berjudul "Pecat Ketua DPR Setya Novanto yang mencatut nama Presiden Joko Widodo dan Wapres JK," saat ini sudah didukung oleh lebih dari 76 ribu tandatangan masyarakat.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

(a/a)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From News Section