1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Punya Rekening Bank DKI, Gratis Naik TransJakarta

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengambil langkah ini sebagai solusi kemacetan ibukota.

By Dwifantya Aquina 28 Desember 2015 16:36
Nasabah Bank DKI gratis naik bus Transjakarta (Wordpress)

Money.id - Kabar gembira bagi masyarakat yang membuka rekening di Bank DKI. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan membebaskan tarif bus TransJakarta, bahkan bagi warga yang tidak memiliki KTP Jakarta.

Menurut Ahok, sapaan akrab Basuki, ini sebagai salah satu cara untuk mengatasi kemacetan ibukota.

"‎Siapapun yang membuka rekening dan menerima gaji melalui Bank DKI tiap bulan, bebas naik bus di Jakarta. Nggak usah harus ber-KTP DKI," kata Ahok saat memimpin rapat pimpinan (rapim) di Balai Kota DKI Jakarta, seperti dikutip Beritajakarta.com, Senin 28 Desember 2015.

Menurut Ahok, Pemprov DKI akan segera membuat surat edaran yang menyatakan bahwa bagi warga yang membuka rekening di Bank DKI, maka tidak perlu membayar ketika naik bus TransJakarta.

Rencananya, kebijakan tersebut mulai diberlakukan pada 2016 mendatang. Untuk menjalankan program tersebut, belanja subsidi untuk PT Transjakarta pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) harus dinaikkan hingga mencapai Rp5 triliun.

"Kalau kita bisa dapat subsidi Rp5 triliun, siapapun naik bus TransJakarta nggak usah bayar," ujarnya.

Namun, sebelum kebijakan ini berlaku, Ahok mengatakan, armada bus Transjakarta mesti beroperasi hingga Bogor Tangerang Bekasi (Bodetabek). Tarif gratis tersebut nantinya diberlakukan bagi warga mana pun, termasuk yang dari luar Jakarta.

Ia menambahkan, bagi warga yang tinggal di rumah susun sederhana sewa (rusunawa) dan‎ telah membuat KTP sesuai rusun, juga akan digratiskan menumpang bus TransJakarta. Begitu pula dengan warga di Kepulauan Seribu yang telah memiliki KTP DKI, akan digratiskan menumpang kapal dan bus TransJakarta.

"‎Sementara ini patokannya warga yang terima gaji lewat Bank DKI dulu. Ini langsung berlaku Januari. Kasih tahu PT Transportasi Jakarta (Transjakarta)," tuturnya.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section