1. HOME
  2. NEWS
BISNIS

Provinsi Ini Siap Kembangkan Kopi Jenis Ekselsa

Proses pengembangan dimulai dari pengolahan lahan, menanam, merawat, hingga...

By Stella Maris 30 Agustus 2016 09:33
Ilustrasi Biji Kopi (Pixabay)

Money.id - Ekselsa adalah salah satu dari empat jenis kopi Indonesia, selain arabika, robusta, dan liberika. Sejak awal, kopi ekselsa dibudidayakan oleh masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Jambi.

Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjabbar dibantu Pemerintah Provinsi Jambi sedang berupaya mengembangkan ekselsa.

Dikutip laman Info Jambi proses pengembangan dimulai dari pengolahan lahan, menanam, merawat, hingga mengolah hasil panen kopi ekselsa.

Selain menjadi komoditas Jambi, pemerintah juga akan bantu mempromosikan kopi tersebut. Meski demikian, promosi yang dapat dilakukan saat ini dengan cara menjadikan ekselsa sebagai minuman di rumah dinas Gubernur Jambi, terutama menyuguhkannya untuk para tamu yang datang.

Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang diwakili oleh Direktur Tanaman Rempah dan Penyegar Kementerian Pertanian, Azwar memberikan dukungannya pada pengembangan ekselsa.

Hal itu diutarakannya dengan mengatakan bahwa pemerintah sudah memberikan bantuan bibit unggul untuk lahan seluas 600 hektar pada 2012. Namun...

Selengkapnya baca di sini!

 

BACA JUGA

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section