1. HOME
  2. NEWS
HALLOWEEN

Pesta Halloween Bertema 'Dead Rappers' Dikecam

Masyarakat menilai tema tersebut rasis dan menyudutkan rapper kulit hitam.

By Dwifantya Aquina 30 Oktober 2015 11:57
Klub malam Lakota di Bristol diprotes karena tema pesta Halloween (BBC)

Money.id - Sebuah klub malam meminta maaf setelah iklan pesta kostum Halloween bertema "Dead Rappers" atau rapper yang telah meninggal, dicap rasis. Seperti diketahui, mayoritas rapper berkulit hitam.

Acara yang diselenggarakan promotor Zoo Brooklyn di klub Lakota, di Stokes Croft, Bristol, mengundang orang-orang untuk memberi penghormatan kepada rapper favorit mereka dengan mengecat wajah menjadi gelap dilengkapi senjata mainan.

Dilansir BBC, Jumat 30 Oktober 2015, klub malam itu meminta maaf dan mengatakan segera mengganti tema pesta Halloween mereka, setelah lini masa akun Twitter-nya dibanjiri protes. Promotor belum menanggapi protes tersebut, tetapi pada halaman Facebook mereka telah meminta kepada pengunjung untuk tidak mengenakan kostum ala 'rapper kulit hitam'.

Dead Rappers Halloween Party dipromosikan oleh Zoo Brooklyn sebagai kesempatan untuk memberi penghormatan kepada rapper favorit yang sudah tiada.

"Cat wajah gelap yang mereka umumkan sebagai tema kostum menyiratkan wajah hitam," ujar mahasiswa Universitas Bristol, Juliette Motamed.

Dewan Kota Bristol Chante Joseph meminta pihak berwenang untuk menyelidiki kasus rasis pada pesta Halloween dan mengatakan ia berharap agar pengunjung tidak mengenakan kostum dengan riasan wajah hitam.

"Meskipun mereka datang tanpa merias wajah dengan warna gelap, tetap saja ini sangat rasis," ujarnya.

Pemilik klub Lakota, yang melangsungkan acara tersebut meminta maaf atas setiap pelanggaran yang dilakukan. "Kami mulai menerima keluhan, saat kami melihat iklan promo acara tersebut dan segera menelepon promotor," kata Marti Burgess, pemilik klub Lakota.

"Seluruh konsep orang berdandan dan melukis wajah mereka, kita sudah melalui itu di berbagai negara dan sebagian masyarakat. Tapi, itu (tema rapper) memang tidak tepat," tambahnya.

Acara ini dipastikan akan terus berlangsung dengan tema Halloween Hip Hop Night dan promotor Zoo Brooklyn mengatakan pada halaman Facebook-nya bahwa setiap kostum yang dianggap menyinggung, rasis atau tidak pantas dengan cara apapun tidak akan diberikan izin masuk sama sekali.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section