1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Pemerintah Amerika Bekukan Aset Perusahaan Bos Mafia Yakuza

Goto mengendalikan sejumlah perusahaan terkait kasus pencucian uang.

By Rohimat Nurbaya 13 Desember 2015 13:10
Ilutrasi anggota kelompok Yakuza (dianliwenmi.com)

Money.id - Pemerintah Amerika Serikat membekukan aset perusahaan milik Tadamasa Goto. Dia adalah bos besar Yamaguchi-gumi yang merupakan oranisasi Yakuza terbesar di Jepang.

Dikutip dari CNN Money pada Minggu 13 Desember 2015, Goto memegang peranan penting dalam kelompok mafia tersebut. Sebenarnya pada 2008 dia dikeluarkan dari kelompok tersebut dan dipaksa pensiun.

Kemudian Goto pindah ke Kamboja, tetapi dia masih mengendalikan sejumlah perusahaan terkait kasus pencucian uang.

"Goto memiliki hubungan erat dengan Yakuza dan berperan dan berperan dalam tindakan kriminal di seluruh dunia," kata John E. Smith, Direktur Departemen Keuangan Bagian Pengendalian Aset Asing.

"Tindakan ini menunjukkan bagaimana kami sangat agresif memberantas organisasi kriminal antar negara dan pendukungnya," ucap Smith.

Pemerintah Amerika Serikat telah melakukan tindakan keras terhadap komplotan Yakuza dalam beberapa tahun terakhir. Goto adalah orang ke-14 yang ditangkap pemerintah AS karena berhubungan dengan Yakuza.

Komplotan mafia asal Jepang itu banyak melakukan kasus kriminal seperti penyelundupan narkoba, pencucian uang dan aktivitas ilegal lain. Jaringan mereka berkembang hingga antar negara selama beberapa tahun terakhir.

Pemerintah Jepang juga menindak keras Yakuza. Di Negeri Sakura, komplotan itu sangat kuat, karena sudah berkembang selama puluhan tahun dengan membangun hubungan politik dan bisnis.

Pada Agustus 2015, geng terbesar Yakuza bernama Yamaguchi-gumi terbagi jadi dua faksi. Hal itu menandakan komplotan tersebut mulai terpecah dan melemah. Polisi Jepang bersiaga penuh sejak saat itu.

Perpecahan besar geng Yakuza terjadi pada 1984, saat itu terjadi perang antar anggota kelompok tersebut. Pembunuhan, penembakan dan pengeboman terjadi, sehingga membuat publik ketakutan.

Anggota Yakuza dikenal dengan tubuh banyak tato. Dalam tubuh geng tersebut ada ritual memotong jari untuk melunasi utang atau menebus kesalahan. (poy)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section