1. HOME
  2. NEWS
ISU AS

Pelajar SMA Terima US$50.000 Karena Ebola

Ia berhasil menciptakan alat pendeteksi virus Ebola hanya dengan biaya Rp365 ribu.

By Dwifantya Aquina 30 September 2015 16:22
Olivia Hallisey, pelajar SMA yang meraih penghargaan Google Science Fair 2015 (Google)

Money.id - Olivia Hallisey menerima uang sebesar US$50 ribu atau setara dengan Rp731 juta berkat inovasinya di bidang kesehatan. Uang yang berasal dari ajang Google Science Fair 2015 itu diterimanya berkat temuan pendeteksi virus Ebola.

Dengan biaya hanya US$25 atau sekitar Rp365 ribu, karya siswi SMA Greenwich itu dapat mendeteksi penyakit mematika tersebut hanya dalam waktu 30 menit. Alat analisa tersebut bisa disimpan dan tidak perlu dipindah ke alat pendingin.

Dikutip dari laman Hufftingtonpost, Rabu 30 September 2015, gadis belia ini mengakui, karyanya terinsipirasi dari tayangan televisi yang menyiarkan berita mengenai virus Ebola yang melanda Afrika Barat dan menyebabkan kematian hingga mencapai lebih dari 10.000 orang. Menurutnya, wabah itu menjadi penghalang dalam kelangsungan hidup manusia.

Alasan lain yang menggerakkan hati remaja asal Connecticut ini adalah metode deteksi saat ini amat mahal dan membuang waktu. Sehingga ia merasa perlu untuk membantu dengan membuat alat deteksi yang lebih simpel, cepat dan murah.

Ia berharap, kesuksesannya itu bisa mengilhami perempuan sebayanya agar mencapai impiannya.

"Saya hanya memotivasi teman-teman, namun tidak memaksakan mereka untuk tertarik pada matematika ataupun sains secara spesifik," tutur Olivia.

Menurutnya, yang terpenting adalah mengetahui minat dan mengembangkannya menjadi sesuatu yang menyenangkan serta berguna bagi diri sendiri bahkan orang lain.

Dalam kontes Google Science Fair, gadis berambut pirang itu mengalahkan 20 kontestan yang berasal dari berbagai negara. Ajang itu terbuka bagi para remaja berusia 13 sampai 18 tahun. Saat dewasa nanti, ia bercita-cita menjadi dokter dan bisa mengabdi di organisasi nirlaba seperti Doctors Without Borders.

Laporan: Dian Ardiahanni

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section