1. HOME
  2. NEWS
JOKOWI

Nonton Gerhana di Istana Bogor, Jokowi 'Sarungan'

Jokowi mengunggah foto dirinya mengenakan sarung sambil menatap langit di depan Istana Bogor.

By Dwifantya Aquina 9 Maret 2016 10:12
Presiden Joko Widodo di Istana Bogor (Twitter @jokowi)

Money.id - Presiden Joko Widodo menyaksikan fenomena gerhana matahari dari Istana Bogor, Jawa Barat. Ia mengatakan gerhana matahari merupakan tanda kekuasaan Allah SWT.

"Menyaksikan gerhana matahari total dari Istana Bogor. Inilah tanda-tanda kekuasaan Allah, kebesaran Allah," tulisnya dalam akun Twitter resmi @jokowi, Rabu 9 Maret 2016.

Jokowi juga mengunggah foto dirinya yang berdiri di depan Istana Bogor, untuk menyaksikan gerhana matahari. Ia tampak santai mengenakan kemeja berwarna putih dan kain sarung bermotif kotak-kotak.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyatakan, fenomena Gerhana Matahari di atas Kota Bogor, bukanlah Gerhana Matahari Total, namun hanya sebagian saja. Persentase kegelapan saat gerhana mencapai 90 persen.

"Bogor akan mengalami gerhana matahari sebagian, fase awal pada pukul 06.19 WIB dan puncaknya pukul 07.20 WIB matahari akan tertutup sekitar 90 persen," kata Kepala BMKG Stasiun Dramaga, Bogor, Dedi Sucahyono, Selasa kemarin.

Dedi mengatakan, gerhana matahari sebagian akan berlangsung selama kurang lebih dua jam terhitung dari fase awal 06.19 WIB dan akan berakhir sekitar pukul 08.31 WIB.

Menurutnya, meski hanya dilintasi gerhana matahari sebagian, warga Kota Bogor diimbau tetap waspada saat beraktivitas di luar ruangan. Terutama bagi masyarakat yang ingin menyaksikan fenomena alam tersebut juga diminta untuk menggunakan kaca mata pelindung yang direkomendasikan.

"Walau hanya sebagian, tetap saja berbahaya menyaksikan gerhana dengan mata telanjang. Sebaiknya yang ingin melihat gunakanlah kaca mata yang direkomendasikan," kata Dedi.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section