1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Nike Putuskan Kontrak Pacquiao Karena Dianggap Hina LGBT

Juara dunia tinju itu menyatakan kaum homoseksual 'lebih rendah ketimbang binatang'.

By Dwifantya Aquina 18 Februari 2016 10:55
Mantan petinju dunia, Manny Pacquiao (The Guardian)

Money.id - Perusahaan olahraga raksasa, Nike, memutus kontrak kerja dengan petinju Manny Pacquiao, terkait ucapan juara dunia enam kelas itu yang menyatakan kaum homoseksual 'lebih rendah ketimbang binatang'.

Meski petinju berusia 37 tahun yang sedang mencalonkan diri sebagai anggota senat Filipina itu sudah sempat meminta maaf atas ucapannya, Nike tetap menganggap pernyataan Manny Pacquiao itu mengerikan.

Dilansir BBC, Kamis 18 Februari 2016, perusahaan pakaian olahraga itu menegaskan, "Kami tak lagi memiliki hubungan dengan Manny Pacquiao."

Nike pun menyebutkan alasan mengapa mereka memutuskan kontrak secara sepihak dari petinju legendaris itu.

"Nike menentang keras segala bentuk diskriminasi, dan (kami) memiliki sejarah panjang dalam mendukung dan membela hak-hak kaum LGBT," demikian pernyataan resmi Nike.

Tidak dijelaskan, berapa nilai kontrak iklan yang diberikan Nike kepada Pacquiao. Namun, dari hitungan kasar, tahun lalu petinju kebanggaan Filipina itu meraup US$12 miliar hanya dari iklan atau uang sponsor sejenis Nike.

Ucapan Pacquiao awalnya dilontarkan dalam sebuah wawancara televisi, dan menuai berbagai kecaman. Mulanya Pacquiao bergeming dan malah mengatakan di Instagram bahwa ia "hanya mengungkapkan kebenaran tentang apa yang dituliskan Alkitab".

Namun akhirnya di halaman Facebook-nya, Pacquiao menulis dia memang menentang pernikahan gay tetapi 'tidak mengutuk LGBT'.

Ia pun menyatakan permohonan maaf. Dalam pernyataannya, Selasa 16 Februari lalu, ia mengatakan menyesal telah membandingkan para homoseksual dengan binatang.

"Saya akan tetap pada keyakinan saya, menentang pernikahan sesama jenis, sesuai dengan ajaran Alkitab. Tetapi saya tak mengecam LGBT. Saya mencintai kalian semua... Saya berdoa untuk kalian," kata Pacquiao, seorang penganut Katolik, dalam video yang diunggah ke Twitter.

Namun ucapannya sudah kepalang merusak reputasinya dan tidak bisa diterima para sponsor internasional, dan Nike pun memutus kontraknya.

Pacquiao saat ini merupakan politikus beraliran Kristen konservatif. Di Filipina, negara dengan mayoritas penduduk beragama Katolik, pernikahan sejenis dilarang.

Diketahui saat ini Pacquiao sedang berusaha menjadi anggota Senat pada pemilihan umum yang akan dilangsungkan Mei mendatang.

Pacquiao berbicara pada stasiun lokal TV5 awal pekan ini untuk liputan pemilu.

Dia mengatakan, "Ini akal sehat. Apakah Anda melihat binatang jantan menyukai jantan, dan betina menyukai betina?"

"Binatang lebih baik. Mereka mengetahui cara membedakan jantan dengan betina. Jika kita mendukung hubungan pria-pria, wanita-wanita, maka manusia lebih rendah ketimbang binatang," kata dia saat itu.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section