1. HOME
  2. NEWS
BISNIS

Mien Uno Modali 38 Mahasiswa Jadi Wirausaha Sukses

38 mahasiswa tersebut akan dibina selama satu tahun untuk menjadi pengusaha yang andal.

By Dwifantya Aquina 30 September 2015 18:40
Ilustrasi enterpreneur muda (Pixabay)

Money.id - Mien R. Uno Foundation (MRUF) lembaga sosial non profit yang berfokus pada pengembangan kewirausahaan khususnya kalangan muda, membuka Program MRUF ENVOY (Entrepreneur Development Scholarship for Youth ke-7), yaitu program beasiswa wirausaha untuk mahasiswa.

Sebanyak 38 mahasiswa menerima beasiswa setelah terpilih dari seleksi di empat kota besar. Selain mendapat beasiswa, mereka juga dapat 'bonus' dibina menjadi calon wirausaha andal selama satu tahun.

Penerima beasiswa MRUF berasal dari 16 universitas negeri maupun swasta di Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya dan Malang. Para mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa terpilih yang telah melalui serangkaian proses seleksi yang cukup ketat.

"Beasiswa ini bukan hanya membantu para mahasiswa untuk menyelesaikan kuliah, namun juga membantu mereka untuk mandiri dengan memilih karier di dunia bisnis. Mien R Uno Foundation berkontribusi dalam mengembangkan wirausaha dari kalangan mahasiswa, agar tumbuh motivasi di dalam diri mereka bahwa menjadi wirausaha bukanlah pilihan terakhir, melainkan pilihan utama," kata kata Indra Cahya, Ketua Yayasan Mien R. Uno, di Jakarta.

Puluhan mahasiswa yang berhasil mendapatkan beasiswa ini berasal dari latar belakang keluarga berpendapatan rendah dan ingin mandiri dengan berwirausaha untuk meringankan beban keuangan keluarga. Mereka berharap usai kuliah, bisa mandiri menjadi wirausaha.

"Para mahasiswa ini kita bina agar selesai kuliah tidak mencari pekerjaan tapi memberi pekerjaan. Mahasiswa ini akan di-coach untuk jadi pengusaha selama 1 tahun penuh," jelas Dewan pembina yayasan, Mien R Uno, yang tak lain merupakan ibu dari pengusaha sukses Sandiaga Uno.

Jumlah alumni MRUF Envoy hingga saat ini sudah mencapai 254 orang dari angkatan I-VI. Sebanyak 19 penerima beasiswa angkatan V dan 23 penerima beasiswa angkatan VI bisa bebas beasiswa sebelum program berakhir karena bisnisnya sukses dan bisa memenuhi kebutuhan biaya kuliah serta keperluan sehari-hari.

Diketahui, program ini merangkul berbagai CSR perusahaan dan lembaga diantaranya Auto2000, PT Tower Bersama Infrastruktur Tbk, PT Nusa Konstruksi Enjiniring Tbk, PT AKR Corporindo Tbk, William Soeryadjaya Foundation, Benny Subianto Foundation, dan beberapa donatur individu lainnya.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section