1. HOME
  2. NEWS

Menteri Agama: 1 Ramadan 1437H Jatuh Besok

Keputusan ini diambil berdasarkan hisab dan rukyat.

By Azalia Amadea 5 Juni 2016 19:38
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifudin (merdeka.com)

Money.id - Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin mengumumkan hasil sidang isbat menentukan awal puasa. Hasilnya, 1 Ramadan 1437 H disepakati jatuh pada Senin, 6 Juni 2016.

"Dari hisab dan laporan petugas melihat hilal, seluruh peserta sidang isbat menyepakati pada malam hari ini kita sudah masuk Ramadan. Secara mufakat disepakati tahun 1437 Hijriah akan dimulai besok hari Senin 6 Juni 2016," kata Menag Lukman dalam jumpa pers di Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu 5 Juni 2016.

Secara hisab (perhitungan) posisi hilal sudah terdeteksi sekitar pukul 10.00 WIB yang berada di 2 derajat 13 menit sampai 4 derajat 6 menit di seluruh tanah air.

Sementara dari sisi rukyat (terlihatnya hilal), keputusan ini diambil setelah saksi dari 6 wilayah, yaitu Belu di NTTT, Jombang, Bangkalan, Kebumen, Gresik dan Bojonegoro semua telah melihat hilal.

Selain Menag, sidang isbat juga dihadiri oleh sejumlah tokoh lainnya. Antara lain Kepala LAPAN Thomas Djamaludin, Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Ma'rifat Iman, dan sejumlah duta besar dari negara sahabat. Sementara itu dari Nahdatul Ulama (NU) diwakili oleh beberapa pengurus antara lain Zaki Mubarak, Zulfan Sofwa, dan Rozali Masruli. (dhi)

Baca juga:

(a/aa)

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section