1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Menilik Harta Mantan Presiden Indonesia, Siapa Paling Kaya?

Beberapa harta kekayaan mereka tercatat di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

By Rohimat Nurbaya 10 November 2015 18:20
Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono (Foto: Wikimedia)

Money.id - Setelah merdeka pada 17 Agustus 1945 hingga saat ini Indonesia sudah memiliki enam mantan presiden.

Presiden pertama RI adalah Soekarno, kedua Soeharto, ketiga Bacharudin Jusuf Habibie, keempat KH Abdurachman Wahid, kelima Megawati Soekarno Putri, keenam Susilo Bambang Yudhoyono.

Dihimpun Money.id dari berbagai sumber, berikut jumlah kekayaan orang yang pernah jadi nomor satu di Indonesia.

1. Soekarno

Foto: pusakaindonesia.org

Banyak sekali isu mencuat tentang jumlah kekayaan Soekarno ini. Ada yang menyebutkan Seokarno memiliki 57 ribu ton emas dan diberikan kepada Amerika Serikat. Ada juga yang menyebutkan Soekarno memiliki US$180 miliar atau setara Rp22 triliun di Bank Swiss.

Isu harta puluhan triliun rupiah itu muncul ketika koran Austria Kronen Zeitung edisi 17 dan 19 yang terbit pada Desember 2012, menulis soal harta Soekarno.

Dalam koran itu ditulis, ada seorang mediator bernama Gustav Jobstmann yang mengklaim dapat membantu mendapatkan harta yang tak disebutkan bentuknya itu.

Menurut Jobstmann, harta Soekarno senilai US$180 miliar yang tersimpan di sebuah bunker di Union Bank of Switzerland (UBS). Dia memiliki dokumen-dokumen pendukung soal harta tersebut.

Jobstmann bahkan menyebutkan sudah mengontak salah seorang keluarga Sukarno, Seno Edy Sukanto. Pihaknya berjanji bisa mendapatkan harta itu asal keluarga Soekarno bersedia menginvestasikan semua hartanya di Austria.

Koran Kronen Zeitung termasuk salah satu koran tertua di Austria. Mereka terbit sejak 2 Januari 1900. Isu tersebut langsung dibantah pihak keluarga Soekarno melalui cucunya yakni, Puan Maharani.

Soekarno disebut-sebut tidak meninggalkan banyak harta setelah meninggal. Tetapi tidak ada keterangan resmi tentang jumlah kekayaan presiden pertama RI tersebut.

2. Soeharto

Foto: brisbanetimes.com.au

Presiden RI kedua ini menuai banyak kontroversi. Banyak versi tentang berapa jumlah kekayaan keluarga Soeharto. Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI) pernah menaksir Rp200 triliun, sedangkan majalah Forbes memperkirakan sebesar US$4 miliar atau setara Rp55 triliun.

Ada banyak sekali yayasan di bawah kepemilikan keluarga Cendana. Sebagian besar memiliki penghasilan sangat banyak. Salah satunya yayasan Supersemar dan Dharmais. Keluarga Soeharto juga memiliki investasi banyak di perusahaan.

Soeharto hampir mengontrol 3,6 hektare real estate di Indonesia. Selain itu keluarga Soeharto fokus pada bisnis perkebunan, pertambangan, komoditi, perminyakan dan juga perkayuan.

3. Bacharudin Jusuf Habibie

Foto: uniqpost.com

Menurut Majalah Fat Eastern Economic Review harta kekayaan BJ Habibie sekitar US$60 juta atau setara Rp815 miliar. Dia lebih dikenal sebagai bapak teknologi Indonesia. Dia merupakan presiden ketiga menggantikan Soeharto yang dilengserkan mahasiswa pada 21 Mei 1998.

Saat itu, Habibie baru menjabat sebagai wakil presiden selama 2 bulan tujuh hari. Karena secara konstitusi harus menggantikan presiden dilengserkan akhirnya pria asal Sulawesi Selatan itu maju sebagai presiden.

Dalam masa jabatannya, Habibie dianggap banyak melakukan Korupsi Korupsi dan Nepotisme (KKN), salah satunya Rudy Habibie langsung diangkat sebagai penasihat Direktur Utama Pertamina saat itu. Dia menjabat sebagai presiden hanya 1 tahun 7 bulan.

4. Abdurrahman Wahid

Foto: The Guardians

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dirilis Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kekayaan pria ini akrab disapa Gus Dur ini sekitar Rp680 juta.

Beliau dikenal sebagai presiden lebih suka bercanda. Dia hanya 20 bulan menjabat sebagai presiden. Pemimpin ormas Nahdlatul Ulama itu terus digoyang oleh musuh-musuh politiknya.

Saat menjabat sebagai presiden, Gus Dur juga memiliki hubungan tidak harmonis dengan TNI, Partai Golkar. Dia sempat membuat kontroversi dengan mengeluarkan dekrit pembubaran MPR/DPR.

Selain itu, dia ingin mengembalikan kedaulatan pemilihan ke tangan rakyat dengan mempercepat pemilu dalam waktu satu tahun. Kemudian mengeluarkan dekrit untuk membekukan Partai Golkar sebagai bentuk perlawanan terhadap Sidang Istimewa MPR.

Namun dekrit tersebut tidak memperoleh dukungan dan pada 23 Juli 2001, MPR secara resmi memberhentikan Gus Dur dan menggantikannya dengan Megawati Sukarnoputri.Hanya sekitar 20 bulan Gus Dur menjabat sebagai Presiden RI.

5. Megawati Soekarno Putri

Foto: wikimedia

Putri presiden pertama RI ini jadi presiden kelima di Indonesia. Beliau jadi satu-satunya presiden Indonesia wanita. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dirilis Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 9 Desember 2015, jumlah harta Megawati mencapai Rp37 miliar.

Megawati dan suaminya almarhum Taufik Kiemas mempunyai beberapa bidang usaha yakni delapan SPBU di beberapa wilayah. Kemudian tanah dan bangunan seluas 1.283 meter persegi dan 300 meter persegi di Koja, Jakarta Utara. Kemudian tanah dan bangunan seluas 4.300 meter persegi dan 400 meter persegi di Jakarta Selatan.

6. Susilo Bambang Yudhoyono

Foto: wikimedia

Pria akrab disapa SBY ini menjabat sebagai presiden RI selama 10 tahun atau dua periode. Dia pernah masuk dafar 10 orang terkaya di Indonesia versi Forbes dengan harta mencapai Rp6,8 triliun.

Tetapi berdasarkan Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dirilis Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 4 Mei 2012 jumlah harta SBY hanya Rp2,3 miliar.

Kemudian dia memiliki tanah dan bangunan seluas 3.185 meter persegi dan 954 meter persegi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Harta tersebut dia peroleh dari tahun 1996 sampai dengan 1997.

(rn/rn)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From News Section