1. HOME
  2. NEWS
UNIK

Mengungkap Mitos Pohon Berjalan di Ekuador

Pohon itu disebut-sebut bisa berjalan 20 meter setiap tahun.

By Rohimat Nurbaya 27 Desember 2015 11:30
Pohon Socratea Exorrhiza (Odditycentral)

Money.id - Menakjubkan, ada pohon di hutan hujan Ekuador bisa berjalan. Pohon tersebut bernama latin, Socratea Exorrhiza dan memiliki sistem akar rumit yang juga berfungsi sebagai kaki.

Dilansir dari Odditycentral, pohon berjalan ini mampu bergerak 2-3 cm per hari atau 20 meter per tahun. Memang terdengart sangat dekat, tapi untuk pohon bergerak sejauh itu bagai laro maraton.

Seorang ilmuwan dari Akademi Slovakia of Sciences, Peter Vrsansky, mengatakan pohon tersebut perlahan-lahan berjalan untuk mencari cahaya matahari dengan menumbuhkan akar baru karena akar lama mati.

"Ketika tanah mengikis, pohon baru mulai tumbuh, akar panjang mulai tumbuh dan lebih solid, kadang-kadang sampai 20 meter," kata Vrsansky.

Secara rinci Peter menjelaskan ketika akar baru mulai tumbuh di tanah yang lain, batang pohon perlahan-lahan akan mulai pindah tempat mengikuti akar baru tersebut.

Dalam sebuah artikel yang dipublikasikan oleh Live Science pada 2012, ilmuwan menyangkal bahwa pohon ini bisa berjalan. Dalam artikel tersebut, Socratea exorrhiza sebenarnya diam di tempat kecuali ada angin kencang atau ditebang.

Gerardo Avalos, seorang ahli biologi dan direktur Pusat Studi Pembangunan Berkelanjutan di Kosta Rika, juga setuju bahwa pohon ini tidak bisa bergerak dan menyebut pohon berjalan ini hanya mitos belaka.


Suka Artikel Ini? Klik Like

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section