1. HOME
  2. NEWS
LAPAN

Mengorbit, Satelit LAPAN-A2 untuk Pantau Pulau Terluar

Ada beberapa fungsi lainnya, termasuk memantau kapal yang lalu lalang di perairan Indonesia.

By Ita Malau 29 September 2015 07:04
Ilustrasi peluncuran roket (Pixabay)

Money.id - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) sukses meluncurkan satelit LAPAN-A2, Senin 28 September 2015. Nantinya, satelit ini akan membantu Indonesia memetakan berbagai hal, termasuk identifikasi pulau-pulau terluar.

"Dengan menggunakan dan mengidentifikasi pemancar yang berada di pulau terluar itu," kata Kepala Lapan Thomas Djamaluddin dalam perbincangan dengan Money.id.

Fungsi satelit kedua, kata dia, memantau permukaan bumi. Untuk fungsi ini, satelit dilengkapi kamera video dan kamera citra dengan resolusi hingga 4-5 meter. "Artinya, kamera ini bisa menangkap benda berukuran paling kecil 4-5 meter. Termasuk rumah dan bus," kata dia.

Dian Pelangi, Desainer Fashion Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Terakhir, satelit ini bisa diberdayakan untuk memantau kapal yang lalu lalang di perairan Indonesia. Untuk fungsi ini, satelit dilengkapi dengan sistem identifikasi otomatis.

"Semua bagian satelit LAPAN-A2 dibuat di Tanah Air, yakni di Rancabungur, Bogor oleh insinyur-insinyur Lapan," jelasnya. Satelit ini kemudian diluncurkan dengan bantuan roket India dari Pusat Luar Angkasa Satish Dhawan di Sriharikota, Andhra Pradesh, India.

"Hari ini sudah sukses mengorbit. Petugas Lapan tengah mengaktifkan dan menguji semua sistem satelit. Jika tak ada aral, satelit ini bisa berfungsi normal dalam sebulan ke depan.

Lapan Luncurkan Satelit Buatan Anak Negeri

(im/im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section