1. HOME
  2. NEWS
RUMAH UNIK

Mengintip Bunker Raksasa Milik Miliarder Eropa

The Oppidum berada di lokasi strategis di pedesaan Eropa tengah yang dirahasiakan.

By Dian Ardiahanni 12 November 2015 11:21
Bunker raksasa The Oppidium di Ceko (Dailymail/The Oppidium)

Money.id - Di jantung Republik Ceko terdapat ruang bawah tanah yang disebut sebagai bunker miliarder terbesar. Bunker bernama The Oppidum itu terletak 30 ribu meter persegi dibawah tanah.

Dilansir dari Daily Mail, Rabu 11 November 2015, tempat itu dibangun di atas bunker militer. Tim dibalik bunker mengklaim bahwa bunker telah dibangun sejak tahun 1984, yakni pada puncak perang dunia.

Sebagai penampungan swasta terbesar, bunker ini memiliki kamar mandi dengan jacuzzi, ruang bioskop, ruang permainan, kolam renang, pusat kebugaran, spa dan bar.

Bahkan tempat ini punya helipad pribadi dan koridor rahasia yang menghubungkan dengan bangunan di atasnya. Sehingga mempermudah warga untuk mengakses keselamatan, ketika mereka merasa terancam.

Sketsa bunker raksasa The Oppidium

The Oppidum pun memiliki kubah pribadi untuk menyimpan aset-aset berharga. Untuk keamanan, bunker ini dilengkapi berbagai teknologi layaknya ruang mata-mata, seperti fasilitas sidik jari dan video pengawasan.

Entah dimana lokasi pastinya, The Oppidum berada di lokasi strategis di pedesaan Eropa tengah yang dirahasiakan. Tetapi lokasi bunker ini dekat dengan Praha serta bisa ditempuh dari London dan Moskow kurang dari dua jam menggunakan pesawat jet pribadi.

Ruang bawah tanah itu diklaim bisa menampung penduduk bertahan hidup, bahkan saat terjadi pemadaman listrik jangka panjang hingga 10 tahun. "Bunker akan menyediakan akomodasi jangka panjang bagi warga. Sehingga ini akan melibatkan saham skala besar untuk persediaan makanan dan air," kata juru bicara bunker The Oppidum.

Mantan kepala intelijen Ceko dan ahli keamanan Andor Sandor memandang The Oppidum sebagai bunker unik. Sebab ruang rahasia itu mampu menyediakan keamanan, kenyamanan yang dipadu dalam kemewahan. (dwq)

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section