1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Mengerikan, Pelaku Kriminal Ini Dihukum Ribuan Tahun Penjara (2)

Tak ada kesempatan kedua bagi narapidana untuk keluar dari penjara.

By Dwifantya Aquina 16 Oktober 2015 10:13
Ilustrasi penjara (Pixabay)

Money.id - Penjara adalah tempat terburuk di dunia, menurut sebagian narapidana yang kini telah menghirup udara bebas. Sebagian dari mereka masih punya kesempatan kedua untuk dapat memulai hidup baru di luar penjara. Namun, bagaimana dengan yang tidak?

Penjara seumur hidup di beberapa negara di dunia, mungkin hanya hukuman 'ringan'. Beberapa negara bagian menerapkan hukuman penjara dengan waktu yang luar biasa lama. Puluhan tahun sudah menyiksa, apalagi jika divonis hukuman penjara hingga ribuan tahun. Itu artinya tak ada kesempatan kedua bagi narapidana untuk keluar dari penjara.

Berikut ini adalah daftar hukuman penjara terlama yang pernah diterbitkan (bagian 2), seperti dikutip dari laman The Richest.

4. Darron Bennalford Anderson - 11.250 tahun penjara

Darron Bennalford Anderson dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Oklahoma karena melakukan penyerangan seksual terhadap seorang wanita tua, bersama dengan kejahatan lain seperti pencurian, perampokan dan penculikan pada pertengahan 90-an. Vonis aslinya adalah lebih dari 2.000 tahun, tapi setelah banding pada tahun 1997, ia justru dihukum lebih berat, yakni 11.250 tahun penjara. Sistem pidana tidak bisa membunuhnya, sehingga hakim menjatuhkan hukuman lebih dari 10.000 tahun agar ia tidak bisa bebas lagi.

3. Charles Scott Robinson - 30.000 tahun penjara

Charles Scott Robinson adalah narapidana yang dijatuhi hukuman tertinggi di Amerika Serikat dalam daftar ini. Robinson dihukum atas enam tuduhan melakukan penyerangan seksual terhadap anak di bawah umur pada tahun 1994. Hakim yang mengeluarkan hukuman tersebut tak ingin Robinson dibebaskan setelah 13-15 tahun, ia harus menunggu lebih dari 75 tahun untuk benar-benar keluar dari penjara. Para juri dalam kasus ini tidak mengizinkan dia dihukum seumur hidup dan tanpa pembebasan bersyarat.

2. Tiga Bomber Madrid - antara 34.715 dan 42.924 tahun penjara

Pada tahun 2004, 191 orang tewas dan hampir 2.000 orang luka berat ketika sebuah kelompok teroris kecil terinspirasi oleh Al-Qaeda meledakkan bom di sistem kereta Madrid. Jamal Zougam, warga negara Maroko yang tinggal di Spanyol, ditangkap setelah menjual ponsel yang berfungsi untuk meledakkan bom. Ia juga otak dari kasus ini. Emilio Trashorras dihukum 34.715 tahun karena memasok dinamit, dan Otman El Ghanoui dinyatakan bersalah dan dihukum sehubungan dengan pemboman juga. Lainnya juga dihukum tetapi menerima hukuman yang jauh lebih kecil.

1. Chamoy Thipyaso - 141.078 tahun penjara

Pada tahun 1989, Thailand digemparkan dengan penipuan korporasi yang memakan korban lebih dari 16.000 orang dengan jumlah uang yang sangat fantastis, yaitu US$204 juta atau sekitar Rp2,9 triliun. Guinness Book of World Records mencatat kasus ini sebagai penipuan dengan jumlah uang paling banyak.

Pelakunya adalah Mae Chamoy Thipyaso, seorang isteri dari pejabat Angkatan Udara Thailand yang menggunakan skema Charles Ponzi untuk menipu para investor. Charles Ponzi yang menjadi penggagas skema penipuan ini hampir 50 tahun yang lalu ‘hanya’ dihukum selama 17 tahun penjara. Namun, pengadilan Thailand rupanya menganggap kejahatan ini sangatlah serius karena korbannya begitu banyak hingga akhirnya menjatuhkan hukuman penjara selama 141.078 tahun kepada Chamoy bersama tujuh orang anak buahnya.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section