1. HOME
    2. NEWS
BANDROS

Mengenal Bandros, Bus untuk Mengarak Juara Olimpiade Owi/Butet

Bus tersebut berkapasitas kurang lebih 30 orang, dimaksimalkan di lantai dua.

By Rohimat Nurbaya 23 Agustus 2016 18:35
Bus Bandros yang dipakai mengarak peraih emas Olimpiade Rio Owi/Butet (Kemenpora.go.id)

Money.id - Peraih medali emas Olimpiade 2016, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir kembali ke Tanah Air. Setibanya di Bandara Soekarno Hatta, dua pahlawan bulu tangkis itu langsung diarak menuju Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan menggunakan Bandros. 

Tontowi/Liliyana meraih emas Olimpiade Rio 2016 usai mengalahkan pasangan Malaysia. Medali emas Owi/Butet ini sangat spesial, sebab direbut di saat Indonesia merayakan Kemerdekaan pada 17 Agustus. Selain itu, ini medali emas pertama yang diraih Indonesia dari nomor ganda campuran bulu tangkis.

Bandros itu didatangkan langsung dari Bandung. Bus milik Pemerintah Kota Bandung tergolong unik, sebab, bagian atasnya dibiarkan terbuka.

Bus Bandros sendiri merupakan kepanjangan dari Bandung Tour on The Bus. Kendaraan itu merupakan bus tingkat yang disediakan oleh pemerintah Kota Bandung bagi wisatawan yang hendak berkeliling kota Kembang.

Bus ini diresmikan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil bertepatan dengan malam Tahun Baru 2014. Bus wisata ini akan melayani para wisatawan di kota Bandung secara gratis.

Bus tersebut berkapasitas kurang lebih 30 orang, penggunaanya dimaksimalkan di lantai dua. Sementara di lantai satu hanya ada 6 kursi bulat, kursi panjang, lalu ada balkon di luar yang bisa dipakai turis untuk berdiri.

Bandros ini memiliki tiga warna, yaitu merah, biru, dan kuning. Sedangkan yang digunakan untuk mengarak Tontowi/Liliyana Bandros berwarna merah.

Keberadaan Bandros sebagai bus wisata yang bertingkat diawali dengan rencana dari Walikota Bandung, Ridwan Kamil ketika baru terpilih pada 2013 lalu. Tujuannya untuk meningkatkan sektor pariwisata, yang menjadi salah satu andalan dan penggerak roda ekonomi Kota Bandung.

Awalnya, bus itu akan dipasang di setiap hotel untuk mengantar para wisatawan ke tempat-tempat wisata yang ada di kota Bandung dan sekitarnya. Selain mengantar para wisatawan ke tempat-tempat wisata yang ada di Bandung, bus wisata yang dirancang dengan nyaman dan menarik ini diharapkan bisa mengurangi penggunaan mobil pribadi sehingga bisa mengurangi kemacetan yang terjadi di kota Bandung.

Rencana ini kemudian mendapat sambutan dari Telkomsel yang bersedia mendanai unit-unit pertama dari bus wisata di Kota Bandung melalui program Corporate Social Responsibility. Selain itu, pemerintah kota Bandung juga mengadakan sayembara terbuka untuk memberi nama bus wisata tersebut melalui jejaring sosial Twitter.

Halaman selanjutnya...Asal Usul Nama Bandros

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From News Section