1. HOME
  2. NEWS
PILKADA SERENTAK 2015

Mendagri: Persiapan Pilkada Serentak Sudah 99 Persen

Presiden Jokowi akan memantau pelaksanaan Pilkada serentak melalui video conference.

By Dwifantya Aquina 7 Desember 2015 12:16
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (Setkab.go,id)

Money.id - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan dilaksanakan secara serentak di 269 daerah pada Rabu 9 Desember 2015. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan hingga saat ini persiapannya sudah mencapai 99 persen.

“Pemerintah optimistis kalau ini semua bisa berjalan lancar, kecuali area rawan bencana, bisa saja ditunda,” kata Tjahjo Kumolo seperti dikutip dari laman Setkab.go.id, Senin 7 Desember 2015.

Untuk masalah anggaran, menurut Tjahjo, sudah hampir 100 persen selesai, tinggal menunggu pelunasan anggaran di Kabupaten Buru Selatan, Maluku, yang masih tersisia Rp500 juta lagi, dan diharapkan hari ini selesai. “Kalau daerah lain semua sudah selesai soal anggarannya,” ujarnya.

Sementara mengenai masalah Pilkada di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Mendagri Tjahjo Kumolo mengaku sampai sekarang masih belum ada putusan hukumnya. Namun, ia yakin jelang 9 Desember nanti, masalah di daerah tersebut bisa rampung.

Tjahjo mengatakan, terkait pelaksanaan Pilkada serentak ini, Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan kepada jajaran kepolisian untuk berkoordinasi dengan BIN dan TNI untuk deteksi dini. Ini dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Presiden sendiri pada 9 Desember nanti akan memantau langsung lewat video conference ke seluruh daerah yang melaksanakan Pilkada,” kata Tjahjo.

Sementara itu Ketua KPU Husni Kamil Manik menyampaikan kesiapan pihaknya menyelenggarakan Pilkada serentak di 9 provinsi, 224 kabupaten dan 36 kota, dua hari lagi.

Beberapa indikator yang menjadi tolak ukur kesiapan tersebut antara lain, telah dilakukannya bimbingan teknis kepada penyelenggara sampai kepada tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), surat suara yang 100 persen sudah tercetak, telah selesainya penyediaan alat kelengkapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh daerah dan telah dibagikannya formulir C6 kepada pemilih.

Untuk beberapa daerah, khususnya wilayah yang terpencil dan memiliki geografis yang sulit, menurut Husni, sudah terlebih dahulu dilakukan sebelum jadwal distribusi dimulai. Lalu, alat kelengkapan pemungutan suara juga, saat ini sudah berada di lokasi pemunguatan suara.

“Termasuk formulir C6 juga sudah sampai ke tangan pemilih. Kami penyelenggara telah berupaya agar semuanya selesai,” terang Husni.

Adapun terkait dengan pencalonan di Provinsi Kalimantan Tengah menyusul putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) setempat yang menolak putusan KPU terkait pembatalan calon nomor urut tiga, yaitu Ujang Iskandar – Jawawi, Husni menyebutkan, saat ini surat suara telah tercetak. Namun KPU masih menunggu Putusan dari Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara untuk melakukan tindakan lebih lanjut.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section