1. HOME
  2. NEWS
SEPAK BOLA

Menaksir Biaya Pembuatan Trofi Piala Presiden

Trofi Piala Presiden diukir peraji asal Gianyar, Bali bernama Ida Bagus Ketut Lasem.

By Rohimat Nurbaya 19 Oktober 2015 14:00
Trofi Piala Presiden (Foto: Twitter)

Money.id - Piala Presiden 2015 berakhir meriah. Persib Bandung keluar sebagai juara dalam turnamen itu. Hadiah uang Rp3 miliar dibawa pulang tim asal Kota kembang.

Trofi turnamen akbar tersebut beda dari yang lain, bahan dasar membuatnya dari kayu. Padahal pada turnamen lain umumnya dibuat dari logam.

Trofi itu dibuat seniman asal Gianyar, Bali, Ida Bagus Ketut Lasem. Mulai dibuat pada 4 September 2015 dan selesai dibuat pada 16 Oktober 2015.

Bahan membuat trofi itu dari kayu Jati Bojonegoro dengan tinggi 60 sentimeter, lebar 25 sentimeter, dan berat 15Kg. Tidak hanya sekadar suvenir saja, trofi tersebut memiliki filosofi tersendiri.

Bola di kepala trofi memiliki arti kebulatan tekad. Siapa semangat dan tidak menyakiti orang, dia akan menang. Kemudian pondasi trofi merupakan pahatan kecil terperinci seperti karang batu, simbar atau tumbuhan berakar rimpang dan penyu kumbang.

Lantas berapa biaya pembuatan trofi itu?

Mengacu pada price list penjualan kayu secara online di forum jual beli Kaskus, harga kayu Jati Bojonegoro untuk membuat trofi Piala Presiden mencapai Rp5,7 juta hingga Rp7 juta per meter kubik. Belum lagi, jasa pembuatan ukiran kayu.

Berdasar informasi dihimpun Money.id, jasa membuat ukiran Trofi Piala Presiden, Ida Bagus Ketut Lasem dibayar sekitar Rp40 juta oleh pihak penyelenggara.

Pada trofi Piala Presiden juga ditempel emas, tetapi tidak disebutkan berapa gram. Emas itu berbentuk kotak dan dilamnya bertuliskan 'PIALA PRESIDEN'.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

 

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section