1. HOME
    2. NEWS

Mahkota Rp38,9 Miliar Ditemukan Pemburu Harta Karun Amatir

By Ismoko 15 Maret 2021 17:03
Penemuan Patung Emas

Potongan emas yang ditemukan Ducket merupakan sebuah patung kecil yang tingginya hanya 6,35 sentimeter. Penemuan itu diyakini pernah menjadi bagian inti dari mahkota Tudor yang megah.

Mahkota ini menggambarkan kebesaran raja abad kelima belas yaitu Henry VI sebagai orang suci. Kemungkinan mahkota itu awalnya dibuat pada masa Henry VII dan dipakai oleh Henry VIII di Hampton Court untuk sebuah upacara.

Mahkota itu pula yang digunakan untuk penobatan semua anak Henry VIII. Sebuah patung berenamel emas itu kini disimpan di Museum British, London. 

Meskipun Ducket langsung menyadari, penemuannya itu sangatlah istimewa dan bersejarah. Dia butuh waktu lama untuk memastikan barang apa yang ditemukannya itu.

“ Selama lebih dari tiga tahun saya pasti telah mengirim ratusan email ke akademisi, ilmuwan, sejarawan, peneliti, dan para ahli di negeri ini untuk mencoba mengungkap hal ini,” ucapnya.

Kini mahkota itu ditampilkan karena sejak lama mahkota itu diyakini emasnya dilebur di Menara London atas perintah Oliver Cromwell, setelah monarki kerajaan Inggris jatuh pada tahun 1649.

Emas itu akan digunakan untuk membuat koin dan perhiasannya habis terjual. Proses rekonstruksinya sangatlah detail yang membutuhkan koordinasi dari pematung, tukang emas, perhiasan, dan sejarawan.

Aktivitas ini didokumentasikan dalam video pendek dari Istana Kerajaan Bersejarah. Melalui video inilah Kevin Ducket untuk pertama kalinya menyadari, patung emas yang ditemukan itu merupakan inti dari mahkota yang hilang.

Ducket telah melakukan perjalanan ke Hompton Court Palace untuk melihat sendiri hasil rekreasinya dan menggambarkannya sebagai melihat kembaran identik patung itu.

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section