1. HOME
  2. NEWS
GANJA

Mahkamah Agung Meksiko Akhirnya Legalkan Ganja

Namun legalisasi ini mash ditentang oleh Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto.

By Dwifantya Aquina 5 November 2015 15:32
Ladang ganja di Meksiko (Huffingtonpost)

Money.id - Mahkamah Agung Meksiko akhirnya mengeluarkan putusan melegalisasikan penggunaan ganja untuk kepentingan rekreasi. Empat orang yang tergabung dalam Mexican Society for Responsible and Tolerant Personal Use mengajukan gugatan, dan akhirnya mereka diizinkan untuk menanam dan mengisap ganja.

Menurut laman BBC, Kamis 5 November 2015, mariyuana atau ganja masih belum bisa dijual di Meksiko namun beberapa kalangan mengatakan, putusan pengadilan tersebut dapat melegalisasi penuh penggunaannya.

Meksiko sudah lama berkutat dalam konflik penuh kekerasan terkait kartel narkoba. Berbagai kelompok membawa hal ini ke pengadilan pertama kali pada 2013, meminta izin untuk menanam tumbuhan mariyuana untuk kepentingan rekreasi.

Hakim pengadilan memutuskan, dengan perbandingan suara 4-1, bahwa larangan menanam ganja untuk dikonsumsi pribadi adalah inskonstitusional. Untuk sebuah negara yang menghadapi kekerasan narkoba dalam skala besar, ini adalah suatu keputusan yang sangat penting.

Meskipun keputusan itu hanya berlaku untuk individu-individu yang membawa kasus ini ke Mahkamah Agung, sejumlah pegiat melihat hal ini sebagai langkah besar pertama.

Armando Santacruz adalah salah satu penggugat. Ia adalah seorang pengusaha terkemuka di Meksiko, ia telah mempelopori kampanye dan menganggap hal ini sebagai pembuka bagi langkah-langkah lainnya. Namun pendapat rakyat Meksiko sendiri terbelah mengenai pengesahan ganja.

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto secara tegas menentang setiap perubahan kebijakan terkait obat bius, sehingga pengesahan mariyuana ini masih belum bisa digulirkan.

Bagaimana pun, ini bisa menjadi preseden hukum untuk aturan-aturan di masa datang tentang penggunaan dan penjualan mariyuana.
Sejumlah orang merayakan keputusan itu dengan merokok di luar gedung Mahkamah Agung.

"Jika, Mahkamah Agung mengambil langkah penting untuk melegalisasi mariyuana, atau setidaknya beberapa dari mereka, saya menyarankan agar kita sangat berhati-hati dan bertanggung jawab dalam menyusun putusan semacam itu," kata Hakim Jose Ramon Cossío, yang dalam putusan itu memberikan suara mendukung.

Ada puluhan ribu kasus pembunuhan terkait narkoba di negara ini setiap tahunnya. Meksiko didesak untuk melonggarkan undang-undang narkoba setelah AS melegalisasi narkoba di negara-negara bagian tertentu. Pada 2009, Meksiko mengesahkan kepemilikan mariyuana sampai 5 gram.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section