1. HOME
  2. NEWS
LAPAN

Lapan Luncurkan Satelit Buatan Anak Negeri

Peluncuran satelit ini dibantu roket India.

By Ita Malau 28 September 2015 16:42
Ilustrasi peluncuran roket (Pixabay)

Money.id - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), dengan bantuan roket India, sukses meluncurkan satelit LAPAN-A2, Senin 28 September 2015. Satu lagi prestasi anak negeri yang layak diapresiasi.

Kepala Lapan Thomas Djamaluddin menjelaskan satelit LAPAN-A2 berhasil mencapai orbitnya pada ketinggian 650,16 kilometer setelah 23 menit roket diluncurkan.

"Kontak dengan satelit LAPAN-A2 sudah diperoleh oleh stasiun bumi di Pusat Teknologi Satelit LAPAN di Rancabungur, Bogor, saat satelit mulai mengorbit melintasi Indonesia," jelas Thomas saat dihubungi Money.id, hari ini.

(Satelit LAPAN-A2 mencapai orbit, 28 September 2015, dengan bantuan roket India/Facebook)

Selanjutnya, kata dia, petugas akanĀ  mengaktifkan dan menguji semua sistem satelit. Jika tak ada aral, satelit ini bisa berfungsi normal dalam sebulan ke depan.

Dia menjelaskan, LAPAN-A2 merupakan satelit yang murni dibuat insinyur-insinyur Indonesia dan menggunakan fasilitas Lapan sendiri. "Satelit ini dibuat di Rancabungur, Bogor kemudian dikirim ke India untuk peluncuran. Memang untuk peluncuran, kita masih dibantu roket India," kata dia.

Satelit ini merupakan satelit kedua yang dibuat Lapan. Satelit pertama diluncurkan tahun 2007 dan dibuat dengan fasilitas di Jerman. "Tapi yang membuatnya tetap insinyur Lapan," kata dia.

(im)

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section