1. HOME
  2. NEWS
BUDI GUNAWAN

Jokowi Usulkan Budi Gunawan Jadi Kepala BIN

Surat usulan Budi Gunawan menjadi Kepala BIN sudah disampaikan langsung kepada pimpinan DPR RI.

By Rohimat Nurbaya 2 September 2016 16:33
Komjen Budi Gunawan (Merdeka.com)

Money.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan surat usulan kepada pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI untuk mengangkat Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), menggantikan pejabat sekarang Sutiyoso.

Surat diantarkan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada Ketua DPR RI, Ade Komarudin, di ruang rapat pimpinan DPR, Gedung Nusantara III, Jakarta, Jumat 2 September 2016.

"Presiden mengusulkan nama Budi Gunawan sebagai pengganti Sutiyoso dan proses selanjutnya ada di DPR karena institusi itu akan memberikan pertimbangannya," kata Pratikno dikutip dari laman Setkab RI.

Mengenai alasan pergantian Kepala BIN itu, Mensesneg mengatakan, hanya regenerasi saja. "Itu saja argumentasinya," ujar dia.

Mensesneg menegaskan, jabatan Kepala BIN tidak ada periodesasinya. Sehingga usulan Presiden Jokowi untuk dilakukannya pergantian Kepala BIN merupakan hal yang wajar.

Sementara itu, Ketua DPR RI Ade Komarudin mengatakan, setelah Mensesneg menyerahkan surat usulan pergantian Kepala BIN, maka Pimpinan DPR langsung mengadakan Rapat Pimpinan untuk menindaklanjuti surat tersebut.

Menurut Ade, DPR akan menindaklanjuti surat Presiden itu setelah Pimpinan melakukan rapat dengan fraksi-fraksi, yang kemungkinan dilaksanakan Senin 5 September 2016. Rapat tersebut sekaligus akan menentukan komisi terkait yang akan ditugaskan melakukan uji kelayakan dan kepatutan.

"Namun sesuai mitra kerja, tentu Komisi I akan kami tugaskan untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan, setelah itu kita tentukan jadwalnya," ucap Ade.

Komjen Pol Budi Gunawan saat ini masih menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri). Jabatan tersebut diembannya sejak April 2015 lalu. (poy)

(rn/rn)

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section